Jangan Sampai Ada yang Terlewat! Kemenkes Sudah Beritahu Jadwal Imunisasi Bayi di Puskesmas, Simpan Informasi Ini Sekarang Juga

By Shannon Leonette, Jumat, 3 Juni 2022 | 14:17 WIB
Moms wajib tahu, ini jadwal imunisasi bayi di puskesmas agar tidak terlewat. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Berikut ini jadwal imunisasi bayi di puskesmas yang perlu Moms simpan informasinya dari sekarang.

Moms harus tahu, pemberian imunisasi anak wajib dilakukan sedini mungkin agar dapat meningkatkan kekebalannya serta mencegahnya dari berbagai penyakit.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan, menurut dr. Prima Yosephine, Plt. Dir. Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan, imunisasi dasar saja belum cukup untuk memberikan perlindungan terhadap PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

“Karena, beberapa antigen memerlukan besar atau pemberian dosis lanjutan pada usia 18 bulan, usia anak sekolah, dan usia dewasa,” ucap dr. Prima.

“Sehingga, sekarang tidak hanya mengejar imunisasi dasar lengkap tapi juga mengejar imunisasi lengkap,” lanjutnya.

Moms juga harus tahu, bahwa jadwal imunisasi bayi terbagi menjadi dua, yakni jadwal imunisasi dasar dan jadwal imunisasi ulangan.

Ada yang hanya perlu membutuhkan satu kali imunisasi, ada yang memerlukan beberapa kali imunisasi, bahkan pada umur tertentu diperlukan ulangan imunisasi.

Jadwal imunisasi ini dibuat berdasarkan rekomendasi WHO dan organisasi profesi yang berkecimpung dalam imunisasi setelah melalui uji klinis.

Makanya, sebagai orangtua, Moms jangan sampai tidak tahu bahkan melewatkan jadwal imunisasi bayi yang wajib didapatkan.

Baca Juga: Ada Tempat Vaksin Anak Selain di Rumah Sakit! Puskesmas hingga Posyandu Dekat Rumah Bisa Melayani Vaksinasi Jenis Ini

Masih melansir dari laman Kementerian Kesehatan, berikut ini jadwal imunisasi bayi di puskesmas yang perlu Moms ketahui.

Simak jadwal imunisasi bayi di puskesmas agar tidak terlewat, Moms.

Jadwal Imunisasi Dasar Lengkap pada Bayi Usia 0-11 Bulan