Begini Cara Berikan Dukungan untuk Teman Baru Saja Kehilangan Anak Seperti yang Dialami Ridwan Kamil, Ketahui Kalimat-kalimat yang Tak Perlu Seperti Ini

By Amallia Putri, Jumat, 10 Juni 2022 | 18:00 WIB
Ridwan Kamil dan keluarga di samping sungai Aare, tempat kejadian hilangnya Eril, putra Ridwan Kamil. Ini dia cara menyampaikan simpati dengan orang yang baru saja kehilangan anaknya (Instagram/@ataliapr)

Nakita.id - Setelah lebih dari satu minggu pencarian, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akhirnya ditemukan.

Sebelumnya, Emmeril atau yang akrab disapa Eril dinyatakan hilang pada 26 Mei 2022 setelah hanyut di Sungai Aare, kota Bern, Swiss. Saat ditemukan, Eril sudah dalam keadaan tak bernyawa di Bendungan Engehalde, kota Bern.

Melansir dari Kompas, kepolisian kota Bern melaporkan penemuan jasad yang diduga Eril pada pukul 06.50 pagi waktu setempat. Setelah dilakukan prosedur forensik, Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Hadad, mengonfirmasi bahwa jasad tersebut adalah Eril.

Kabar duka ini disampaikan oleh Ridwan Kamil pada akun Twitter resminya @ridwankamil, pada Kamis, 9 Juni 2022.

"Jenazah ananda Emmeril Kahn Mumtads sudah ditemukan. Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu, dan dimakamkan di hari Senin," mengutip dari akun @ridwankamil.

Dari penjelasannya tersebut, Ridwan Kamil juga menyampaikan banyak terimakasih pada pihak yang membantu termasuk KBRI Swiss dan kepolisian kota Bern. Pemakaman rencananya akan dilakukan pada hari Senin, 13 Juni 2022.

Tidak ada orangtua yang siap saat menerima kenyataan bahwa sang anak telah tiada. Maka dari itu, rasa sedih dan tidak percaya menjadi suasana yang menyelimuti keluarga yang ditinggalkan.

Mungkin, beberapa dari Moms tidak mampu memahami bagaimana perasaan dari keluarga tersebut. Namun, bukan berarti Moms tidak bisa menyampaikan rasa dukacita dan memberikan dukungan yang semestinya.

Yuk, ketahui bagaimana caranya berkomunikasi serta memberikan dukungan pada teman yang baru saja kehilangan anak.

Baca Juga: 'Mukjizat yang Kami Syukuri' Alhamdulillah Ridwan Kamil Bertemu Emmeril Kahn Mumtadz dalam Keadaan Seperti Ini, Padahal Anak Sulungnya Hilang Terseret Arus Sungai Aare Selama 14 Hari

1. Sampaikan rasa duka serta dukungan

Tentunya, rasa duka cita tetap perlu disampaikan untuk menunjukkan rasa simpati.