Justin Bieber Idap Sindrom Ramsay Hunt, Ketahui Apa Saja Penyebab, Gejala, hingga Komplikasinya

By Shannon Leonette, Sabtu, 11 Juni 2022 | 15:00 WIB
Justin Bieber mengidap sindrom Ramsay Hunt. Yuk, ketahui apa saja penyebab, gejala, hingga komplikasinya. (Instagram / @justinbieber)

Nakita.id - Penyanyi asal Kanada, Justin Bieber, diketahui mengidap sindrom Ramsay Hunt.

Mengutip Kompas (11/6/2022), karena kondisi kesehatannya, Bieber menunda tiga konser yang merupakan bagian dari Justice World Tour pada awal pekan ini.

Tak hanya itu, pemenang Grammy Awards ini mengungkapkan kondisi kesehatannya dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram miliknya @justinbieber.

Dalam video tersebut, Bieber mengungkapkan bahwa dirinya mengidap sindrom yang menyebabkan dirinya mengalami kelumpuhan sebagian wajah.

"Hai semuanya. Justin di sini. Saya ingin memberi tahu kalian tentang apa yang terjadi. Jelas, seperti yang mungkin Anda lihat dari wajah saya, saya menderita sindrom yang disebut sindrom Ramsay Hunt," ujarnya.

"Dan dari virus inilah yang menyerang saraf di telinga dan saraf wajah saya dan menyebabkan wajah saya lumpuh," lanjutnya.

Dalam video tersebut, tampak salah satu mata Bieber tidak bisa mengedip.

"Saya tidak bisa tersenyum dengan sisi wajah saya ini," tuturnya.

"Lubang hidung ini tidak akan bergerak, jadi ada kelumpuhan total di sisi wajah saya ini," lanjutnya.

Baca Juga: Justin Bieber Trauma dan Takut Kehilangan Hailey Bieber Usai Sang Istri Alami Penggumpalan Darah di Otak, Ini Gejalanya yang Perlu Diwaspadai

Sebelumnya, apakah Moms sebelumnya pernah mendengar sindrom Ramsay Hunt?

Mengutip dari Mayo Clinic, sindrom Ramsay Hunt sendiri disebabkan oleh virus penyebab cacar air.