Siap-siap Berlindung karena BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 14 Juni 2022, Sederet Wilayah Ini Akan Hadapi Hujan Lebat hingga Angin Kencang, kecuali Kalimantan Utara

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 13 Juni 2022 | 19:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pad Selasa 14 Juni 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Selasa 14 Juni 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG, karena diprediksi Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem.

Maka, tak heran kalau BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads lebih aman menghadapi cuaca saat ini.

BMKG menyampaikan ada 26 wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Wilayah lainnya diprediksi terjadi hujan, kilat atau petir, dan angin kencang, yaitu di Riau, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Timur.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Hindia barat daya Sumatera dan di Kalimantan Barat bagian selatan yang membentuk daerah peningkatan kecepatan angin >25 knot di Samudra Hindia barat daya Sumatera serta daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Laut Jawa hingga Selat Karimata dan dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Tengah.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Riau hingga Kep. Riau, di Lampung, di Jawa Barat, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di Sulawesi bagian tengah dan di Maluku.

Serta, daerah pertemuan angin (konfluensi) memanjang dari Laut Arafuru hingga Laut Banda, Maluku bagian tenggara, Sulawesi bagian selatan dan Laut Jawa.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan pada Senin 13 Juni 2022 Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hujan Lebat hingga Angin Kencang, Tolong Semuanya Berlindung! Wilayah yang Aman Hanya Nusa Tenggara Timur

Wilayah berpotensi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh