Lebih Baik Stop daripada Menyesal, Ini Akibatnya Kalau Jahe Dikonsumsi Secara Berlebihan, Bisa Bahaya Kalau Sampai Kalap

By Syifa Amalia, Jumat, 17 Juni 2022 | 16:33 WIB
Efek samping jahe jika dikonsumsi orang dengan kondisi ini. (Nakita.id/David Togatorop)

Nakita.id – Di tengah cuaca yang tak menentu, membekali tubuh dengan segelas jahe hangat mampu memberikan banyak perlindungan.

Khasiat yang ditawarkan oleh satu rempah-rempah ini memang tidak dapat ditampik lagi.

Jahe memiliki rasa yang hangat, pedas, dan banyak sifat terapeutik yang dimiliki. Itulah alasan mengapa jahe kerap digunakan dalam banyak pengobatan rumahan.

Kebaikan yang terkandung di dalam jahe dapat membantu menyembuhkan penyakit umum seperti pilek, batuk, masalah pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya.

Terlepas segala manfaat yang tampak menjanjikan itu, rupanya jahe bisa berbalik menyerang tubuh kalau dikonsumsi berlebihan.

Dilansir dari India.com, para ahli herbal merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari empat gram jahe dalam sehari.

Jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, jahe dapat menghasilkan mulas, kembung, dan ketidaknyamanan perut lainnya.

Meskipun jahe mungkin tidak mempengaruhi semua orang, jahe dapat menimbulkan kekhawatiran.

Terutama jika diberikan pada beberapa orang dengan kondisi seperti berikut ini.

Baca Juga: Ajaib Banget! Iseng-iseng Coba Campur Jahe dengan Bahan Alami Ini Gak Disangka Lemak Perut yang Berlebih Bisa Langsung Rontok dalam Waktu Singkat, Tak Perlu Lagi Sedot Lemak

1. Masalah jantung

Salah satu efek negatif jahe bila dikonsumsi berlebihan akan berpengaruh pada jantung. Jahe diketahui menyebabkan jantung berdebar, penglihatan kabur, dan insomnia.