Sejarah Hari Ayah Sedunia yang Diperingati Setiap 19 Juni, Begini Cara Orang-orang Merayakannya dengan Hadiah Spesial untuk Ayah

By Kintan Nabila, Minggu, 19 Juni 2022 | 09:46 WIB
Hari Ayah Sedunia yang diperingati setiap 19 Juni (Nakita.id/Alvioni)

Nakita.id - Pada bulan Juni, tepatnya di Minggu ketiga orang-orang di berbagai belahan dunia memaknai hari ini untuk menghormati sosok ayah.

Hari Ayah Sedunia 2022 atau International Father's Day diperingati hari ini, pada Minggu 19 Juni 2022. 

Hari Ayah Sedunia ini berbeda dengan Hari Ayah Nasional di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 12 November.

Hari Ayah Nasional diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) dan pertama kali diperingati pada 12 November 2006.

Sementara itu, bagaimana dengan sejarah Hari Ayah Sedunia?

Melansir dari Brittanica, Hari Ayah yang dirayakan setiap tanggal 19 Juni pada awalnya merupakan tradisi warga Amerika Serikat.

Peringatan Hari Ayah tersebut diusulkan oleh Sonora Smart Dodd dari Spokane, Washington yang ayahnya, seorang veteran Perang Sipil.

Sang ayah membesarkan Sonora dan kelima saudara kandungnya setelah ibu mereka meninggal saat melahirkan. 

Sonora sendiri mendapatkan ide untuk memperingati Hari Ayah tepatnya saat dirinya mendengarkan khotbah pada Hari Ibu di Gereja Episkopal Metodis Pusat pada tahun 1910. Baca Juga: Hari Ayah Sedunia 2021, Jangan Lupakan Peran Terbaik Seorang Ayah Demi Tumbuh Kembang Si Kecil

Pada saat itu, Hari Ibu telah ditetapkan sebagai hari libur, ia pun memiliki gagasan untuk menjadikan Hari Ayah sebagai hari libur nasional juga.

Sonora memberi tahu pendetanya bahwa Hari Ayah harus diadakan sebagaimana Hari Ibu.

Para pemimpin agama setempat mendukung gagasan tersebut.