Semuanya Berlindung di Tempat Aman! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Jumat 24 Juli 2022 untuk Wilayah-wilayah Ini, dari Keterangan yang Aman Cuma Nusa Tenggara Barat

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 23 Juni 2022 | 19:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 24 Juli 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Tolong sebelum meninggalkan rumah, Moms dan Dads harus melihat prediksi cuaca ekstrem dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Ya, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG. Seperti diketahui, sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem.

Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

BMKG memberikan informasi bahwa ada 31 wilayah di Indonesia mengalami cuaca ekstrem. Cuaca ekstrem ini adalah hujan lebat serta petir dan diikuti angin kencang.

Ini semua karena terdapat sirkulasi siklonik terpantau di Selat Karimata bagian selatan yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dari Selat Makassar bagian selatan hingga Laut Jawa, dan dari perairan sebelah utara Jawa Barat hingga Sumatera Selatan.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Aceh, dari Sumatera Barat hingga Riau, dari Laut Jawa hingga Jambi, di Selat Karimata, di Laut natuna, di pesisir sebelah selatan Jawa, di Laut Jawa, di Kalimantan Barat bag utara dan selatan, di Kalimantan Timur, di Kalimantan Utara, di Laut Flores, dari Laut Banda hingga Sulawesi Selatan, di Maluku Utara, di Maluku, di Laut Timor, di Papua Barat dan di Papua serta daerah konfluensi di Selat Malaka, di perairan sebelah barat Bengkulu, di Laut Natuna, di Laut Sulawesi, dan di Laut Sulu.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 21 Juni 2022, Awas! Wilayah yang Aman Hanya Bali dan Nusa Tenggara Timur

Jadi, hati-hati kalau ada peringatan seperti itu dari BMKG ya, Moms.

Lalu, wilayah mana saja yang mengalami cuaca ekstrem pada Jumat 24 Juli 2022?