Jangan Sampai Moms Lewatkan Mitos vs Fakta Kehamilan Ini, Preeklampsia Hanya Bisa Dicegah dengan Bedrest? Ini Jawaban Menurut Dokter Obgyn

By Shannon Leonette, Senin, 27 Juni 2022 | 12:52 WIB
Mitos vs fakta: preeklampsia hanya bisa dicegah dengan bedrest? Simak jawabannya menurut dokter obgyn. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Mitos vs fakta, preeklampsia pada ibu hamil hanya bisa dicegah dengan bedrest?

Preeklampsia adalah suatu kondisi kehamilan yang biasanya mulai terjadi ketika mencapai usia kehamilan 20 minggu ke atas.

Tanda-tanda preeklampsia saat hamil yang ditunjukkan umumnya tekanan darah yang meningkat.

Kemudian, ditunjukkan pula dengan adanya protein pada urine, serta kerusakan pada banyak sistem organ seperti hati dan ginjal.

Jika tidak segera ditangani, preeklampsia tentu dapat berujung pada komplikasi serius yang dialami baik Moms maupun janin.

Maka, jangan sampai Moms melewatkan rutinitas kontrol kehamilan termasuk pengecekan tekanan darah.

Preeklampsia tentu bisa dicegah sendiri, dan mungkin Moms pernah mendengar kalau bedrest saja dinilai dapat mencegahnya.

Lantas, benarkah anggapan tersebut?

Tanpa berlama-lama, yuk kita simak penjelasan menurut dokter obgyn ini.

Baca Juga: Kerap Dipertanyakan, Mitos vs Fakta, Wanita Obesitas Bisa Terkena Preeklampsia saat Hamil? Dokter Obgyn Ini Sudah Beri Penjelasan

Mitos vs fakta, preeklampsia pada ibu hamil hanya bisa dicegah dengan bedrest?

Menurut dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG, dokter obgyn di Brawijaya Hospital Antasari, anggapan tersebut tentu mitos adanya.