Mitos vs Fakta, Benarkah Preeklampsia Hanya Bisa Dicegah dengan Penerapan Pola Makan Sehat? Ini Jawaban Menurut Dokter Obgyn

By Shannon Leonette, Senin, 27 Juni 2022 | 19:45 WIB
Mitos vs fakta: preeklampsia hanya bisa dicegah dengan penerapan pola makan sehat? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini! (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Mitos vs fakta, preeklampsia hanya bisa dicegah dengan penerapan pola makan sehat?

Preeklampsia adalah salah satu kondisi kehamilan yang kerap dialami oleh banyak ibu hamil, terlebih ketika mencapai usia kehamilan di atas 20 minggu.

Salah satu tanda preeklampsia pada ibu hamil yang mudah dikenali adalah meningkatnya tekanan darah secara perlahan atau drastis.

Tanda-tanda lainnya adalah protein yang muncul pada urine, serta muncul kerusakan pada banyak sistem organ seperti hati dan ginjal.

Preeklampsia tentu dapat berujung pada komplikasi serius apabila tidak segera ditangani, Moms. Baik itu pada Moms sendiri maupun janin.

Oleh karenanya, Moms perlu rutin melakukan kontrol kehamilan ke dokter kandungan.

Hal ini dilakukan agar dokter kandungan bisa memantau terus kondisi kehamilan setiap bulannya, termasuk kondisi tekanan darah.

Selain itu, mungkin Moms pernah membaca banyak artikel kalau satu-satunya pencegahan preeklampsia adalah dengan menerapkan pola makan sehat.

Benarkah demikian? Yuk, kita simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga: Kerap Dipertanyakan, Mitos vs Fakta, Wanita Obesitas Bisa Terkena Preeklampsia saat Hamil? Dokter Obgyn Ini Sudah Beri Penjelasan

Mitos vs fakta, preeklampsia hanya bisa dicegah dengan penerapan pola makan sehat?

dr. Dinda Derdameisya, Sp.OG, dokter obgyn di Brawijaya Hospital Antasari, menyampaikan bahwa hal tersebut memang fakta.