Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan Pada Senin 4 Juli 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Mulai Aceh hingga Nusa Tenggara Timur Diguyur Hujan Lebat sampai Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 3 Juli 2022 | 19:30 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Senin 4 Juli 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) membuat pengumuman soal prediksi cuaca ekstrem pada Senin 4 Juli 2022.

Agar bisa menghindari hal-hal yang tak diinginkan BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada 25 wilayah di seluruh Indonesia.

Ini semua karena adanya Sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat.

Sirkulasi Siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin(konvergensi) yang memanjang di Papua Barat, dari perairan utara Papua hingga perairan Fak-Fak, dan di Papua.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Aceh, di Samudra Hindia selatan Banten-barat Lampung, di Laut Jawa, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Tengah.

Juga dari perairan Kep. Talaud hingga Laut Sulawesi, dari Sulawesi Tengah bagian utara hingga perairan timur Kalimantan Timur, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara, dan dari Laut Arafuru hingga Laut Banda.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Lalu wilayah mana saja yang mengalami cuaca ekstrem pada Senin 4 Juli 2022?

Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Baca Juga: Semuanya Berlindung ke Tempat Aman Sekarang Juga! BMKG Mendadak Beri Peringatan Pada Sabtu 2 Juli 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Mulai Aceh hingga Nusa Tenggara Barat Diguyur Hujan Lebat sampai Angin Kencang

- Aceh

- Bengkulu