Para Suami Wajib Berperan Sama! Ini Peran-peran yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Depresi pada Ibu Hamil yang Terkena Preeklampsia

By Shannon Leonette, Kamis, 7 Juli 2022 | 13:15 WIB
Agar bisa berperan sama, Dads wajib tahu apa saja peran suami dalam mengatasi depresi pada ibu hamil yang terkena preeklampsia. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Dads, begini peran suami agar bisa berperan sama dalam mengatasi depresi pada ibu hamil yang terkena preeklampsia.

Dads wajib tahu, preeklampsia adalah salah satu kondisi kehamilan yang banyak dialami ibu hamil, khususnya jika sudah mencapai usia kehamilan 20 minggu ke atas.

Tanda-tanda preeklampsia pada ibu hamil yang paling mudah dikenali adalah timbulnya tekanan darah tinggi, kemudian diikuti dengan adanya protein di urine.

Tak hanya itu, tanda preeklampsia saat hamil lainnya yang juga ditunjukkan adalah adanya kerusakan pada banyak sistem organ, seperti hati dan ginjal.

Apabila preeklampsia saat hamil ini tidak segera ditangani, tentu dapat menimbulkan komplikasi serius yang bisa mengancam keselamatan pasangan maupun calon bayi itu sendiri, Dads.

Bahkan, Dads juga perlu tahu bahwa preeklampsia pada ibu hamil ini juga kemungkinan besar dapat menyerang kesehatan mental secara perlahan, sehingga bisa saja membuatnya mudah depresi.

Padahal, depresi saat hamil justru bisa membahayakan nyawa janin itu sendiri, Dads.

Untuk itulah, Dads perlu berperan sama dalam mengatasi depresi pada ibu hamil yang terkena preeklampsia.

Lantas, apa saja peran-peran yang bisa Dads lakukan?

Baca Juga: Begini Cara Menyiasati Ketika Mulai Menyalahkan Diri Sendiri saat Terkena Preeklampsia menurut Psikolog, Kuncinya Memahami

Berikut ini beberapa peran suami yang bisa Dads lakukan agar bisa berperan sama dalam mengatasi depresi pada ibu hamil yang terkena preeklampsia.

Hal ini disampaikan langsung oleh Distyana Dahlia, M.Psi., Psikolog, seorang psikolog dewasa di sebuah biro psikologi di Jakarta Selatan, dalam wawancara eksklusif bersama Nakita pada Selasa (5/7/2022).