Nakita dan Ibu PKK Kelurahan Johar Baru Adakan Kegiatan Penyuluhan Stunting di RPTRA Johar Berseri Demi Turunkan Angka Stunting di Indonesia

By Shannon Leonette, Jumat, 8 Juli 2022 | 09:29 WIB
Sebagai upaya menurunkan angka stunting di Indonesia, Nakita menggelar acara penyuluhan stunting di RPTRA Johar Berseri, Johar Baru, Jakarta Pusat pada Kamis (7/7/2022). (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Hingga saat ini, stunting masih menjadi salah satu masalah tumbuh kembang pada anak di Indonesia.

Bahkan, berdasarkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan, angka prevalensi stunting di Indonesia pada 2021 sebesar 24,4%, atau menurun 6,4% dari angka 30,8% pada 2018. Angka prevalensi ini bisa dibilang masih cukup tinggi.

“Prevalensi stunting tahun 2022 harus turun setidaknya 3% melalui konvergensi program intervensi spesifik dan sensitif yang tepat sasaran, serta didukung data sasaran yang lebih baik dan terintegrasi, pembentukan TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) dan (penguatan) tingkat implementasinya hingga di tingkat rumah tangga melalui Posyandu,” kata Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin, seperti dikutip dari situs stunting.go.id.

“Pemerintah mempunyai target untuk menurunkan prevalensi hingga 14% pada tahun 2024. Itu artinya, kita harus menurunkan prevalensi sebesar 10,4% dalam 2,5 tahun ke depan, yang tentu saja ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk mencapainya,” lanjut Wapres menyampaikan.

Sebagai upaya menurunkan angka stunting di Indonesia, pemerintah mengerahkan seluruh tenaga untuk memantau, mengevaluasi, serta melaporkan bagaimana program penurunan stunting berjalan di masing-masing daerah, agar dapat mengetahui perkembangan, capaian, serta kendala yang dihadapi.

Tak hanya itu, sebagai salah satu media online kehamilan dan parenting di Indonesia, Nakita juga sangat concern dengan masalah stunting di Indonesia, khususnya di Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Untuk itu, Nakita mengadakan kegiatan penyuluhan stunting langsung di RPTRA Johar Berseri, Johar Baru, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, pada Kamis pagi (7/7/2022) pukul 09.00 WIB.

Dengan nama acara ‘Berbagi Cerita Referensi Nakita’, Nakita bekerja sama dengan ibu PKK Kelurahan Johar Baru.

Kegiatan penyuluhan ini diselenggarakan secara eksklusif, dengan jumlah audiens terbatas khusus undangan karena masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah.

Baca Juga: Hari Keluarga Nasional 2022, Momentum untuk Kembali Mengingat Peran Keluarga Hingga Bersama Entaskan Stunting

Dalam kegiatan penyuluhan stunting ini, Nakita juga mengundang Vivi Anisa, S.Tr.Keb untuk memberikan materi seputar stunting dan cara pencegahannya.

Sebagai informasi, Vivi Anisa, S.Tr.Keb merupakan seorang bidan, konselor menyusui, juga praktisi hypnobirthing dan prenatal gentle yoga.