Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli: Kenali Gejala, Jenis, dan Cara Penyebarannya

By Syifa Amalia, Selasa, 26 Juli 2022 | 11:59 WIB
Dalam rangka Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli, kenali apa saja gejala, jenis, dan cara penyebarannya (Nakita.id/Naura)

Nakita.idHari Hepatitis Sedunia 28 Juli menjadi salah satu momen penting yang selalu diperingati dalam dunia kesehatan.

Pada Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli, dapat dimaknai bahwa setiap orang perlu meningkatkan kesadaran terhadap penyakit hepatitis.

Selain itu, penetapan Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli juga tidak terlepas dengan sejarah bagaimana pertama kali virus hepatitis ditemukan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memilih tanggal tersebut sebagai Hari Hepatitis Sedunia sebagai bentuk penghargaan kepada pemenang penghargaan Nobel, Baruch Blumberg.

Baruch Blumberg merupakan ilmuwan Amerika Serikat yang berhasil menemukan virus hepatisis B (HBV).

Ia juga mengembangkan vaksin atas penyakit hepatitis B yang membuatnya menerima penghargaan Hadiah Nobel untuk Fisiologi atau Kedokteran tahun 1976.

Mungkin Moms sudah tidak asing lagi ketika mendengar penyakit ini. Apalagi, belakangan sempat ramai penyakit ini, termasuk di Indonesia.

Lantas, apa sebenarnya penyakit hepatitis itu?

Dilansir dari Stanford Health Care, hepatitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hari dan mengganggu fungsi normalnya.

Baca Juga: Waspadai Hepatitis Akut Misterius yang Rentan Menyerang Anak-anak! Dokter Sebutkan Metode Penularannya Lewat Apa Saja

Hepatitis dapat disebabkan oleh infeksi biasanya oleh virus.

Tetapi, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh penggunaan alkohol yang berlebihan, obat-obatan, atau masalah dengan sistem kekebalan tubuh.