Subsidi Gaji Rp1 Juta Cair Hanya Tinggal Kenangan? Nasib Para Karyawan Swasta yang Berharap BSU 2022 Digantung Menteri Ida Fauziyah Gara-gara Ini

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 11 Juli 2022 | 18:00 WIB
Subsidi gaji Rp1 Juta cair kapan? (Nakita.id/Karmita)

Nakita.id - Subsidi gaji Rp1 juta cair kapan banyak karyawan swasta yang menanyakannya.

Nama lainnya Bantuan Subsidi Upah (BSU) adalah bantuan yang disalurkan pemerintah untuk para karyawan swasta. Awal disalurkan pada tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19.

Melihat banyaknya yang sedang menunggu BLT Subsidi Gaji cair, tangan kanan Joko Widodo yang bekerja di Kementerian Ketenagakerjaan pun langsung menanggapi.

Jawabannya masih belum ada kepastian bakal cair, padahal seharusnya kemarin sudah dijanjikan Mei 2022.

Pasalnya, Ida Fauziyah menyebut Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) tengah menyiapkan aturan terkait pelaksanaan BSU.

Hal ini diungkapkan politikus PKB itu dalam peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) tahun 2022 di Surabaya pada Minggu (1/5/2022).

"Saat ini, Kemenaker tengah mempersiapkan instrumen kebijakan pelaksanaan BSU 2022 dan akan memastikan program BSU dapat dijalankan dengan cepat, tepat, akurat dan akuntabel," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Kemenaker melalui akun Instagram resminya, pada Kamis (5/5/2022).

Kemnaker menulis, saat ini pihaknya masih menyiapkan sejumlah hal, di antaranya merampungkan regulasi teknis dan pelaksanaan BSU 2022.

Baca Juga: Kabar dari Menaker Ida Fauziyah Untuk Semua Pekerja Indonesia! Pencairan BLT Subsidi Gaji Rp1 Juta Ternyata Masih Menunggu Hal Ini, Dipastikan Pencairan BSU Sekarang Gagal

Termasuk, mengajukan dan merevisi anggaran bersama Kementerian Keuangan.

"Yang tidak kalah penting adalah me-review data calon penerima BSU 2022 dengan BPJS Ketenagakerjan dan berkoordinasi dengan pihak Himpunan bank negara (Himbara) selaku bank penyalur," tulis akun @kemnaker.