Bencana Banjir Sedang Melanda Dimana-mana, Waspada dengan Mengetahui Cara Atasi Trauma Banjir pada Si Kecil

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 16 Juli 2022 | 13:29 WIB
Banjir hari ini dimana-mana, beginilah cara mengatasi trauma bencana banjir pada anak (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Bencana banjir hari ini membuat banyak orang trauma, salah satunya anak-anak.

Untuk orang dewasa menghadapi bencana seperti bencana banjir mungkin sedikit mudah karena Moms dan Dads bisa berpikir lebih dalam lagi, tapi untuk anak-anak akan lebih sulit.

Padahal, banjir merupakan suatu peristiwa bencana alam yang memang umum terjadi. Khususnya di Indonesia, fenomena banjir sudah menjadi hal yang lumrah terjadi, seperti banjir hari ini.

Namun Moms perlu ketahui, banjir bukan hanya membuat kerugian secara materil dan juga fisik. Pasalnya, bencana banjir juga sangat rentan mendatangkan trauma bagi buah hati anak. 

Sebenarnya trauma bisa saja diminimalisir Moms, asalkan adanya persiapan sebelum air masuk ke rumah Moms sebagai berikut:

1. Beritahu Si Kecil terkait bencana yang akan terjadi tentang risikonya dan mengimbau agar ia terus hati-hati.

2. Moms and Dads juga harus mengetahui area mana saja yang memang akan terendam banjir. 

3. Tetap jaga Si Kecil, jangan biarkan ia jauh dari keluarga.

4. Berikan pemahaman bahwa semua akan kembali pulih dan baik-baik saja.

Baca Juga: Mirip dengan Terawangan Mbak You, BMKG Beri Peringatan Soal Potensi Banjir yang Bisa Mengancam Daerah-daerah Ini

5. Peluklah Si Kecil jika ia merasakan ketakutan atau bahkan menangis, hal tersebut akan membantu Si Kecil untuk lebih tenang. 

6. Dorong keluarga untuk menghubungi pihak berwenang setempat jika mereka memiliki anggota yang mengalami masalah kesehatan berkelanjutan atau masalah mobilitas, dan memerlukan evakuasi.