Jangan Kejebak Bencana Banjir Lagi! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 17 Juli 2022, Aceh hingga Papua Diminta Waspada Hadapi Hujan Lebat sampai Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 16 Juli 2022 | 19:57 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 17 Juli 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Minggu 17 Juli 2022 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Bukan apa, pasalnya BMKG beri peringatan cuaca ekstrem akan melanda beberapa wilayah Indonesia.

Maka dari itu, Moms dan Dads yang berencana untuk meninggalkan rumah harus tahu laporan cuaca yang sudah diumumkan oleh BMKG.

Dari pemantauan, akan ada 19 wilayah yang mengalami cuaca ekstrem seperti hujan lebat sampai angin kencang.

Ini semua karena adanya sirkulasi siklonik terpantau di utara Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) di perairan sebelah utara Papua Barat, di Papua Barat, di Teluk Cendrawasih, dan di Papua.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Aceh, dari Laut Jawa bagian barat hingga Kep. Bangka-Belitung, di Laut Jawa bagian timur, di Sulawesi bagian tengah, dari perairan Maluku hingga perairan Sulawesi, di perairan sebelah selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di pesisir barat Kalimantan Barat, di Maluku, dan di Papua bagian Selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Kemudian, Intrusi Udara Kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah NTT bagian timur, Laut Banda, Maluku bagian selatan, dan Laut Arafuru yang mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi menjadi lebih hangat dan lembap, yaitu di Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

Baca Juga: Dari Prakiraan Cuaca Hari Ini di Jakarta, BMKG Sebut 2 Wilayah Ini akan Mengalami Hujan Ringan Malam Nanti

• Aceh

• Jambi