Peneliti Buktikan Hasil Obat Gatal Tradisional Kunyit Bisa Digunakan untuk Obati Kanker Kulit

By Nita Febriani, Selasa, 19 Juli 2022 | 09:00 WIB
Obat Gatal Tradisional Kunyit Bisa Digunakan untuk Obati Kanker Kulit (Nakita/Nita)

Nakita.id - Obat gatal tradisional kunyit baru-baru ini menunjukkan hasil yang luar biasa dalam hal penyembuhan.

Studi baru menunjukkan bahwa kunyit, termasuk yang biasa digunakan dalam bentuk pasta untuk mengobati gatal, rupanya bisa digunakan untuk membunuh dan menghentikan pertumbuhan sel kanker kulit melanoma.

Dalam tes laboratorium hal ini terbukti efektif dan menjadi kabar baik bagi para peneliti.

Melanoma sendiri adalah sel kanker yang paling mematikan dan bisa menjadi bentuk kanker kulit yang paling sulit diobati.

Menurut American Cancer Society, melanoma menyumbang sekitar 4% kasus kanker kulit, tetapi menyebabkan sekitar 79% kematian akibat kanker kulit.

Ini bukan pertama kalinya kunyit dipuji sebagai penangkal penyakit yang potensial.

Rempah berwarna kuning ini memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang mungkin berguna dalam memerangi berbagai penyakit.

Tetapi para peneliti mengatakan ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa kunyit bekerja dalam konsentrasi tinggi untuk waktu yang singkat.

Serta pada konsentrasi rendah untuk jangka waktu yang lama mampu memicu kematian sel kanker.

Baca Juga: 5 Manfaat Obat Gatal Tradisional Kunyit untuk Kulit, Tidak Cuma Menyembuhkan Infeksi Tapi Juga Berikan Sederet Keuntungan Ini

Obat Gatal Tradisional Kunyit untuk Obati Kanker Kulit

Dalam studi yang muncul dalam jurnal Cancer edisi 15 Agustus, para peneliti mengevaluasi efek kunyit pada tiga garis sel melanoma yang berbeda dalam berbagai dosis dan durasi.