4 Cara Rumahan Mengatasi Infeksi Ringworm yang Akhir-akhir Ini Hangat Dibicarakan, Cukup Oleskan Minyak Kelapa

By Shannon Leonette, Selasa, 19 Juli 2022 | 10:00 WIB
Ramai diperbincangkan di media sosial, begini cara-cara rumahan mengatasi infeksi ringworm agar tidak semakin parah. (Kolase - Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Baru-baru ini, media sosial TikTok dihebohkan dengan berbagai konten yang membahas tentang infeksi ringworm.

Konten-konten terkait infeksi ringworm ini datang dari berbagai pihak, khususnya mereka yang memelihara kucing atau senang mengelus kucing liar.

Lantas, apa sih infeksi ringworm yang akhir-akhir ini sedang ramai dibicarakan masyarakat?

Melansir dari Mayo Clinic, ringworm adalah jamur infeksi yang bersifat menginfeksi manusia, sehingga bisa menimbulkan ruam kulit.

Penyakit ruam kulit akibat jamur ringworm ini disebut sebagai penyakit tinea, yang mana ditunjukkan dengan ruam yang gatal dan melingkar dengan kulit halus di tengah-tengah lingkaran tersebut.

Ringworm sendiri bisa menyebar dengan mudah melalui kontak kulit dengan orang yang terinfeksi atau hewan peliharaan, seperti kucing dan anjing.

Bahkan, ringworm juga bisa menyebar melalui kontak kulit dengan benda yang sudah disentuh oleh orang yang terinfeksi atau hewan peliharaan, misalnya kasur, handuk, sisir, dan lain-lain.

Tak terkecuali, tanah yang mungkin saja sudah terkontaminasi ringworm yang banyak sekali.

Moms harus tahu, jika dibiarkan begitu saja, infeksi ringworm ini justru bisa menimbulkan masalah penyakit yang serius. Terlebih, jika Moms memiliki sistem imun yang lemah, seperti HIV/AIDS.

Baca Juga: Bahan Alami yang Dapat Digunakan untuk Menyembuhkan Penyakit Kurap

Lalu, apakah ada cara rumahan mengatasi infeksi ringworm ini?

Melansir dari Healthline, berikut ini beberapa cara rumahan yang bisa Moms coba.