Mengapa AnakTak Suka Susu Formula

By Ipoel , Jumat, 17 Oktober 2014 | 23:00 WIB
Mengapa AnakTak Suka Susu Formula (Ipoel )

 TANYA:

Sore dr.martin leman,SpA.

Saya punya anak usia 15 bulan sejak lahir saya berikan ASI eksklusif. Karena sya bekerja, harapan saya setelah 6 bulan Saya beri MPASI termasuk susu formula. Tapi anak saya tidak mau minum susu formula. Menurut dokter apa yang harus saya berikan untuk anak saya yang kandungan gizinya setara susu formula.

Terima Kasih dok, Mytha Syahpariyadi

 JAWAB,

Adalah sangat baik bila bayi dapat diberikan ASI eksklusif hingga 6 bulan. Dan memang benar pada usia 6 bulan ia harus mulai mendapatkan MPASI.  Bagi bayi yang terbiasa mendapatkan ASI, sudah tentu ketika ia mendapat PASI (susu formula) ia akan merasakan yang ia terima 'tidak seenak' yang biasanya (ASI). Ini terjadi karena faktor ia terbiasa ASI dan ia mendapatkan kehangatan dari ibu ketika ia menyusu.

Perlu dipahami bahwa setelah 6 bulan, bukan berarti ASI tidak diberikan lagi. Tetapi ASI tidak boleh menjadi sumber nutrisi tunggal, melainkan harus diberikan MP-ASI, yaitu Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Jadi sebenarnya tidak ada keharusan menyetop ASI dan mengganti dengan susu formula ya. Karena ASI sebaiknya memang tetap diberikan hingga anak usia 2 tahun.

Namun dalam kondisi terpaksa menggunakan susu formula, memang perlu proses adaptasi bayi terhadap cara minum dari dot / botol dan rasa yang berbeda. Kebanyakan membutuhkan waktu adaptasi 1-2 minggu...jadi sementara itu memang ia baru mengenal rasa susu tsb, sehingga ada kalanya perlu waktu untuk ia menyukainya...pada masa ini ibu harus selalu sabar membantu bayi menerima susunya.

dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A

Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta Selatan