Suka Kejang, Berpengaruh Pada Tumbuh Kembang Anak?

By Ipoel , Kamis, 16 Oktober 2014 | 23:00 WIB
Suka Kejang, Berpengaruh Pada Tumbuh Kembang Anak? (Ipoel )

TANYA:

Selamat sore dok, Keponakan saya usia 23 bulan jika sakit panas suka kejang. Yang mau saya tanyakan, apakah suka kejang berpengaruh pada tumbuh kembang anakl Dok? karena sudah 3 kali kasusnya sama seperti ini, sampai sekarang belum bisa jalan. Terima Kasih.

Astri

 JAWAB:

Pada anak usia di bawah 5 tahun memang sering terjadi kejang demam. Yaitu terjadi kejang ketika mengalami demam tinggi. Bila terjadi 1 kali dan tidak disertai gangguan neurologis (saraf) setelahnya, biasanya tidak berdampak jangka panjang. Namun pada kasus ini sudah sampai terjadi 3 kali, sehingga menurut saya perlu dievaluasi lebih lanjut, dan dicari faktor pencetusnya apa. Hal ini juga mengingat pada usia 23 bulan ia belum dapat berjalan, sehingga tampaknya ada keterlambatan motorik.

Pada kasus ini saya sarankan untuk ditelusuri lebih jauh dan diperiksa lebih mendalam oleh dokter anak (atau dokter anak ahli saraf anak) untuk mencari penyebab gangguan, sekaligus untuk evaluasi tumbuh kembangnya yang sepertinya mengalami keterlambatan.

Dr.Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A dari Siloam Hospitals TB Simatupang, Jakarta Selatan