Pantas Cacar Monyet Sampai Ditetapkan Jadi Darurat Kesehatan Global, Ternyata Begini Tingkat Fatalitasnya yang Perlu Diwaspadai

By Ratnaningtyas Winahyu, Minggu, 24 Juli 2022 | 13:28 WIB
Cacar monyet resmi ditetapkan menjadi darurat kesehatan global (Nakita.id/Poetri)

Nakita.id – Bagaimana tingkat fatalitas cacar monyet? Berikut ini penjelasannya.

Ada kabar terbaru soal penyakit cacar monyet.

Setelah sempat ramai beberapa waktu lalu, kini penyakit cacar monyet (monkeypox) resmi ditetapkan oleh WHO sebagai keadaan darurat global pada Sabtu (23/7/2022) kemarin.

Melansir dari Kompas, Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), memutuskan status keadaan darurat kesehatan global untuk membunyikan alarm bahwa respons internasional yang terkoordinasi diperlukan dan dapat membuka pendanaan serta upaya global untuk berkolaborasi dalam berbagi vaksin dan perawatan.

“Kami memiliki wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode penularan baru yang kami pahami terlalu sedikit dan yang memenuhi kriteria dalam peraturan kesehatan internasional,” kata Tedros.

“Saya tahu ini bukan proses yang mudah atau langsung dan ada perbedaan pandangan di antara para anggota komite,” tambahnya.

Meski diperlukan kewaspadaan tertinggi, namun status keadaan darurat global ini tidak berarti suatu penyakit sangat menular atau mematikan.

Lantas, bagaimana dengan cacar monyet?

Apakah cacar monyet sangat fatal akibatnya atau bahkan dapat menyebabkan kematian?

Baca Juga: Tentang Penyakit Cacar Monyet yang Sedang Ramai, Cara Cegahnya Bagaimana Sih? Ini Kata Ahli Soal Pencegahan dan Penanganannya

Melansir dari John Hopkins University, cacar monyet sebenarnya bukanlah sebuah penyakit baru.

Penyakit cacar monyet sudah ada sejak lama dan menjadi endemik di sejumlah negara.