5 Aroma Ini Ampuh Mengusir Nyamuk dari Rumah, Lebih Hemat karena Tak Perlu Lagi Beli Semprotan

By Syifa Amalia, Senin, 25 Juli 2022 | 21:00 WIB
Cara mengusir nyamuk dari rumah bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk bali hingga paprika (Nakita.id/Syifa)

Nakita.idNyamuk barangkali menjadi musuh yang ingin segera Moms basmi dari rumah.

Bukan hanya dapat mengundang marabahaya, tetapi nyamuk suka menggigit kulit Si Kecil yang akhirnya meninggalkan bekas bentol-bentol merah.

Ketika berbicara mengenai bagaimana cara mengusir nyamuk, yang pasti terbesit adalah menggunakan semprotan.

Meskipun dinilai ampuh memusnahkan nyamuk beserta koloninya, semprotan pestisida mungkin menjadi tidak ramah bila di rumah ada anak kecil.

Sebagai gantinya, ada cara alami yang bisa diterapkan untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Moms bisa mengisi ruangan dengan aroma maupun meletakkan tanaman maupun makanan yang mampu menggusir nyamuk.

Nyamuk tidak menyukai bau tertentu, seperti lavender, citronella, atau eucalyptus.

Bau ini mencegah nyamuk karena mereka menghasilkan bahan kimia yang tidak disukai nyamuk yaitu linalool dan geraniol, kata Melanie Rose, spesialis hama di Nationwide Pest Control dalam Home & Garden.

Inilah sebabnya mengapa sering menemukan aroma ini dalam sabun dan lilin yang digunakan untuk mengusir serangga dari rumah.

Baca Juga: Jangan Digaruk Terus-terusan! Mengatasi Bentol karena Gigitan Nyamuk Ternyata Bisa Hilang Cuma Modal Kulit Buah Ini, Khasiat Salep Apotek Lewat

Nah, selain itu, ada aroma lain yang dibenci nyamuk yang berasal dari tanaman maupun makanan berikut ini. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Jeruk Bali