Cara Mengatasi Wajah Bengkak Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Salah Satunya Cobalah Tidur dengan Dua Bantal

By Syifa Amalia, Kamis, 28 Juli 2022 | 19:10 WIB
Cara mengatasi wajah bengkak setelah bangun tidur. (Nakita.id/Naura)

Nakita.id – Tidak jarang seseorang terbangun dengan wajah yang lebih bengkak dari biasanya di pagi hari.

Salah satunya alasanya terkait dengan adanya pengaruh gravitasi.

Dalam Huff Post, menurut Dr. Zakia Rahman, profesor klinis dermatologi di Stanford School of Medicine pada siang hari banyak orang duduk dan berdiri sehingga gravitasi menarik semua cairan ke bawah.

Sebaliknya, saat tidur dalam keadaan berbaring telentang gravitasi tidak menarik sampai ke kaki sehingga cenderung melihat pembengkakan pada wajah.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan lebih banyak bengkak adalah peradangan seperti demam, alergi, eksim, dan asma.

Selain itu, kondisi medis, genetika, alkohol hingga konsumsi garam berlebihan dapat membuat orang lebih rentan mengalami bengkak di wajah di pagi hari.

Menurut Dr. Nicole Hayre, pendiri Pusat Dermatologi Kosmetik di McLean, Virginia, alkohol menurunkan hormon anti-diuretik yang terjadi secara alami, menyebabkan tubuh kehilangan lebih banyak cairan dan menjadi dehidrasi.

Begitu juga dengan pola makan, terutama diet tinggi garam. Makanan makanan asin terutama larut malam adalah penyebab utama pembengkakan wajah semalaman.

Rahman menambahkan bahwa jika mengonsumsi garam berlebih dalam makanan, tubuh bisa membengkak untuk menjaga homeostasis, atau stabilitas.

Baca Juga: Gak Usah Khawatir Lagi Kalau Wajah Bengkak Setelah Bangun Tidur, Cukup Cuci Muka Dengan Cara Seperti Ini Hingga Oleskan Buah Masalah Langsung Teratasi

Jika Moms merasa mengalami kondisi-kondisi di atas, berikut ini ada upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi bengkak pada wajah.

1. Cobalah tidur dengan dua bantal