Kasus RSUD Jombang Diduga Paksa Ibu Melahirkan Normal dan Akibatkan Bayi Meninggal Dunia, Kenali Kondisi Ibu Hamil yang Tidak Boleh Melahirkan Normal

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Senin, 1 Agustus 2022 | 19:11 WIB
RSUD Jombang viral setelah sebabkan bayi meninggal dunia karena paksa ibu hamil melahirkan normal (Twitter: @MinDesiyaa)

Nakita.id - RSUD Jombang viral di media sosial setelah diduga sebabkan kematian bayi karena paksa ibu melahirkan normal.

Hal ini berawal dari cuitan seorang pengguna Twitter, @MinDesiyaa secara terang-terangan mengeluhkan pelayanan persalinan di RSUD Jombang, Jawa Timur.

Pemilik akun tersebut mengaku sebagai seorang kerabat dari pasangan yang baru saja kehilangan anak mereka.

Dalam curahan kekecewaan yang diunggah, pemilik akun menyebut Feri dan Ria, adik sepupunya dan istri, kehilangan anak mereka karena RSUD Jombang.

Ia mengaku mengungkap kasus ini ke publik karena alasan tidak ingin ada korban lain.

Dalam kronologi yang diceritakan, pada Rabu (27/7/2022), Ria yang tengah hamil 9 bulan mengalami kontraksi.

Kemudian pada Kamis (28/7/2022) dini hari, istri dari adik sepupu penulis tersebut dibawa ke Puskesmas terdekat.

Setelah menjalani observasi di Puskesmas Sumobito, pasien yang akan melahirkan tersebut dirujuk ke RSUD Jombang.

Dalam surat rujukan tersebut, dikatakan kalau Ria dianjurkan menjalani operasi caesar.

Baca Juga: Viral Cuitan Bayi Meninggal Saat Persalinan di RSUD Jombang, Akhirnya Pihak Rumah Sakit Buka Suara Tanggapi Tragedi Ini

Namun sesampainya di RSUD Jombang, Ria ternyata tidak diizinkan untuk melahirkan caesar sesuai dengan rujukan puskesmas.

Petugas disebut meminta agar Ria melahirkan secara normal. Padahal, Ria dan keluarga meminta pihak RSUD untuk melakukan operasi caesar.