Ciri-ciri Hamil Bayi Kembar Siam Mirip dengan Tanda Kehamilan Normal, Tapi Ada Perbedaan Saat USG dan Lihat Tanda Bahaya Ini

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 3 Agustus 2022 | 19:04 WIB
Ciri-ciri hamil kembar siam yang harus diketahui para bumil (Nakita/ Cynthia)

Nakita.id - Mengalami masa kehamilan adalah hal yang paling membahagiakan, tapi bagaimana kalau ternyata Moms ketahuan hamil bayi kembar siam?

Hamil anak kembar memang jadi hal yang paling membahagiakan karena Moms bisa memiliki 2 anak sekaligus, tapi hamil bayi kembar siam ini justru berbeda.

Kembar siam adalah dua bayi yang lahir terhubung satu sama lain secara fisik.

Kembar siam biasanya paling sering terhubung di bagian dada, perut, atau panggul.

Banyak kasus hamil kembar siam mengalami kematian, karena ada beberapa organ tubuh menyatu dan hanya punya 1 saja.

Atau bisa juga hanya salah satu diantara yang hidup, jadi sebisa mungkin Moms menghindari kondisi hamil bayi kembar siam ini.

Keberhasilan dari pembedahan tersebut tergantung pada di mana bagian fisik yang terhubung dan dan organ apa yang dibagi.

Melansir dari Mayo Clinicpenyebab bayi kembar siam bisa terjadi karena satu sel telur yang dibuahi membelah dan berkembang menjadi dua individu.

Kemudian pada 8-12 hari setelah pembuahan, lapisan embrio yang akan membelah membentuk kembar monozigot dan mulai berkembang menjadi organ dan struktur tertentu.

Baca Juga: Cara Mendeteksi Bayi Kembar Siam Sejak Masih di Dalam Kandungan, Ibu Perlu Lakukan Pemeriksaan Ini di Trimester Pertama Kehamilan

Namun, ketika embrio membelah lebih lambat dari 8-12 hari setelah pembuahan, kembaran yang dihasilkan akan menjadi siam.

Lalu apa ciri-ciri hamil bayi kembar siam?