BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Pada Senin 8 Agustus 2022, Waspada Hujan Lebat hingga Angin Kencang untuk Wilayah Kepulauan Riau sampai Jawa Timur

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Senin 8 Agustus 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Senin 8 Agustus 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

BMKG memberikan informasi bahwa ada 17 wilayah di Indonesia mengalami cuaca ekstrem seperti ini adalah hujan lebat serta petir dan diikuti angin kencang.

Bibit Siklon Tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan sebelah barat Filipina. Kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1006 mb.

Sistem ini bergerak ke arah barat-barat laut dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan dalam kategori rendah. Bibit Siklon tropis ini menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Laut Cina Selatan dan di Laut Natuna.

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang di Aceh, di Kalimantan bagian utara, pesisir timur Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, dari Sulawesi Selatan bagian utara hingga Sulawesi Tengah, di Sulawesi Tenggara, dari Sulawesi Tengah hingga Gorontalo, di Sulawesi Utara, di Maluku Utara, dari Papua Barat hingga Maluku dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar bibit siklon tropis, low level jet dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Kep. Riau

Baca Juga: BMKG Mendadak Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Pada Kamis 4 Agustus 2022, Sumatera Barat hingga Papua Diprediksi Mengalami Hujan Lebat hingga Angin Kencang, Tolong Semuanya Berlindung Biar Aman

- Sumatera Selatan

- Kalimantan Utara