BMKG Minta Semua Orang Selamatkan Nyawa Sekarang Juga! Mulai dari Bengkulu hingga Papua Barat Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem Pada Kamis 11 Agustus 2022

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 10 Agustus 2022 | 19:31 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Kamis 11 Agustus 2022 (Dok. Nakita/David)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Kamis 11 Agustus 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

Menyimak laporan cuaca dari BMKG memang sangat penting, karena saat ini cuaca di Indonesia tidak menentu. Seperti sekarang, Indonesia yang seharusnya memasuki musim kemarau malah terkadang hujan.

Sebagai informasi sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem. Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Bibit Siklon Tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan yang menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Laut Cina Selatan.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina.

Daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) memanjang di Aceh, di Sumatera Selatan, hingga di perairan sebelah barat daya Lampung.

Selain itu di perairan sebelah selatan Jawa, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di Utara Kalimantan, di perairan sebelah selatan Nusa Tenggara, di Laut Flores, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Laut Maluku, di Maluku Utara, di Maluku, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar 97W.

Baca Juga: BMKG Minta Warga Aceh hingga Papua Barat Berlindung dari Prediksi Cuaca Ekstrem pada Rabu 10 Agustus 2022, Mulai Hujan Lebat hingga Angin Kencang akan Turun di Wilayah Ini

Sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/low level jet tersebut.

Wilayah berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang: