Apa Contoh Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi? Ringkasan dan Jawaban Lengkap Latihan Halaman 17 Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas X

By Ratnaningtyas Winahyu, Sabtu, 13 Agustus 2022 | 07:22 WIB
Kalimat definisi dan kalimat deskripsi merupakan salah dua materi dalam Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas X (Freepik.com)

Nakita.idKalimat definisi dan kalimat deskripsi merupakan salah dua materi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Merdeka Kelas X.

Salah satu soal yang ada dalam Kurikulum Merdeka adalah mencari kalimat definisi dan kalimat deskripsi.

Soal kalimat definisi dan kalimat deskripsi ini terdapat pada latihan halaman 17 buku Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas X.

Sekilas mengenai kalimat definisi dan kalimat deskripsi, kalimat definisi adalah kalimat yang menjelaskan suatu hal, baik benda hidup maupun benda mati secara umum. Umumnya, penggunaan kalimat definisi dalam teks laporan merujuk pada istilah teknis atau ilmiah yang berkaitan dengan bidang tertentu.

Hal tersebut dapat membantu pembaca memahami istilah teknis atau ilmiah yang muncul dalam teks. Kalimat definisi biasanya menggunakan kopula, seperti kata adalah, merupakan, dan yaitu.

Sementara itu, kalimat deskripsi digunakan untuk menggambarkan sifat-sifat atau ciri-ciri yang khusus atau spesifik dari suatu benda. Siswa dapat menggunakan kalimat deskripsi saat menjelaskan sifat sebuah benda kepada pembaca berdasarkan apa yang indera rasakan sehingga pembaca seolah-olah benar-benar melihatnya atau merasakannya sendiri.

Selain menggambarkan sifat atau ciri khusus suatu objek, kalimat deskripsi juga dapat menjelaskan sebuah aktivitas yang dilakukan objek tersebut.

Kalimat ini menggunakan kata kerja material atau kata kerja yang menunjukkan tindakan suatu benda, binatang, manusia, atau peristiwa.

Agar lebih memahami kalimat definisi dan kalimat deskripsi, yuk langsung kita bahas soal dan jawaban lengkap latihan halaman 17 buku Kurikulum Merdeka Bahasa Indonesia Kelas X SMA.

1. Carilah kalimat definisi dan deskripsi pada teks “Kunang-kunang” dan “Kunang-kunang yang Perlahan Menghilang”!

Teks “Kunang-kunang”

Baca Juga: Kunci Jawaban Lengkap Soal Eksponen dan Logaritma Uji Kompetensi Bab 1 Halaman 31 Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka