Kok Bisa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih? Inilah Sejarah Pemilihan Warna Bendera yang Asli hingga Jahitan Bendera Asli dari Tangan Fatmawati Pernah Dilepas karena Hal Penting Tapi Disambung Kembali dan Berkibar sampai Sekarang

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 17 Agustus 2022 | 19:02 WIB
Kenapa warna bendera Indonesia merah dan putih? Berikut sejarahnya (Pixabay)

Nakita.id - Hari Kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus pasti selalu dirayakan, yang paling bersejarah dan selalu dinantikan adalah saat upacara di Istana Negara. Disana pasti akan ada pengibaran bendera Indonesia yang berwarna merah putih.

Bicara soal warna bendera Indonesia, tahukah Moms ternyata ada sejarahnya mengapa Indonesia memilih warna merah dan putih sebagai simbol negara lo. Selain itu ada fakta menarik lainnya yang harus Moms ketahui.

Dilansir dari laman Kemdikbud, sejarah ini diawali saat Dai Nippon menyiarkan kabar pada tanggal 7 September 1944 bahwa Indonesia diperkenankan untuk merdeka.

Maka dari itu, Chuuoo Sangi In atau badan yang membantu pemerintah pendudukan Jepang yang terdiri dari orang Jepang dan Indonesia.

Mereka menyelenggarakan sidang tidak resmi pada tanggal12 September 1944 dipimpin Ir. Soekarno.

Hal yang dibahas pada sidang tersebut adalah pengaturan pemakaian bendera dan lagu kebangsaan yang sama di seluruh Indonesia.

Hasil dari sidang ini adalah pembentukan panitia bendera kebangsaan merah putih dan panitia lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Panitia bendera kebangsaan merah putih, memutuskan menggunakan warna merah dan warna putih sebagai simbol.

Mengapa bendera Indonesia warnanya merah putih? Hal itu karena merah berarti berani dan putih berarti suci.

Kedua warna ini sampai saat ini menjadi jati diri bangsa hingga saat ini dan bendera pertama jahitan Ibu Negara Fatmawati atau istri Ir Soekarno dimasukkan menjadi Cagar Budaya Bendera Pusaka Sang Saka Merah Putih.

Hal itu, ditetapkan melalui SK penetapan cagar budaya nasional bernomor 003/M/2015, tanggal SK : 9 Januari 2015, Ukuran bendera ditetapkan sama dengan ukuran bendera Nipponyakni perbandingan antara panjang dan lebar tiga banding dua.

Baca Juga: Penampilan Naura Ayu di Upacara Penurunan Bendera Merah Putih 17 Agustus 2022 Peringatan HUT RI ke-77 Banjir Pujian