BMKG Minta Semua Orang Selamatkan Nyawa Sekarang juga! Mulai dari Aceh hingga Sulawesi Selatan Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem pada Jumat 19 Agustus 2022

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 19 Agustus 2022 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 19 Agustus 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Akhir-akhir ini, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem.

Pasalnya, sekarang sudah masuk bulan Agustus dimana memang Indonesia seharusnya harus memasuki musim hujan. Dan benar saja, sudah mulai turun hujan dimana-mana.

Hampir semua wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang bisa membahayakan kehidupan manusia tersebut.

Untuk menghindari hal yang menakutkan, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 19 Agustus 2022. BMKG menyampaikan ada 17 wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem di Indonesia.

Dengan rincian terdapat 12 wilayah Indonesia yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem hujan lebat, disertai kilat dan angin kencang besok.

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), juga menyampaikan bahwa di wilayah DKI Jakarta juga terjadi hujan dengan kilat dan angin kencang. Ada juga empat wilayah berpotensi terjadi cuaca ekstrem angin kencang.

Bukan tanpa alasan, BMKG mengeluarkan peringatan tersebut karena sudah riset dan melakukan penelitian sebelumnya.

Daerah konvergensi terpantau memanjang di Aceh, dari Belitung hingga Kep.Riau, di Bengkulu, dari Laut Jawa hingga Sumatera Selatan.

Selain itu, di Pesisir Selatan Jawa, di Kalimantan Barat bagian utara, di Kalimantan Utara, di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah juga terjadi konvergensi memanjang.

Konvergensi yang memanjang juga terjadi di Laut Maluku, di NTT bag timur, di Sulawesi Utara, dari Papua hingga Papua Barat dan di perairan sebelah utara Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Semuanya Berlindung di Tempat Aman! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Kamis 18 Agustus 2022 untuk Wilayah-wilayah Ini, dari Keterangan yang Aman Cuma Nusa Tenggara Timur dan Banten