Rangkuman Penjelasan Apa dan Bagaimana Ciri, Jenis dan Persamaan Reaksi Kimia dan Bilangan Avogadro dan Jumlah Mol IPA Kelas X Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Rabu, 24 Agustus 2022 | 12:23 WIB
Rangkuman penjelasan persamaan reaksi kimia dan bilangan avogadro mata pelajaran IPA SMA kelas x kurikulum merdeka (Freepik)

Nakita.id - Pada buku Ilmu Pengetahuan Alam SMA kelas X kurikulum merdeka dibahas mengenai ciri-ciri, jenis, dan persamaan reaksi kimia.

Reaksi kimia masuk dalam kurikulum merdeka supaya peserta didik bisa mengenalnya dalam kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan buku IPA SMA kelas X kurikulum merdeka, ciri-ciri reaksi kimia merupakan perubahan kimia yang menghasilkan zat-zat baru yang memiliki sifat berbeda dari sifat asalnya.

Misalnya perubahan panas menjadi cahaya pada reaksi pembakaran, perubahan warna pada reaksi perkaratan, dan pembentukan gas pada reaksi fermentasi anaerob.

Pada reaksi pembakaran di kembang api, sifat fosfor (P4) dari kembang api bersifat reaktif sehingga bila bertemu oksigen bisa bereaksi menghasilkan panas dan terang.

Persamaan umum reaksi kimia setara:

1 P4 (s) + 5 O2 (g) -> 2 P2O5 (g)

Reaksi perubahan warna para reaksi perkaratan terjadi ketika besi terus-terusan terkena air dan udara.

Persamaan umum reaksi kimia setara:

4 Fe (s) + 3 O2 (g) + 2x H2O (l) -> 2 Fe2O3 .xH2O (s)

Reaksi fermentasi anaerob pada pembentukan gas terjadi ketika bahan organik misalnya sisa kulit buah, air cucian beras, dan gula pasir/merah disimpan dalam wadah tertutup yang kedap udara.

 Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Pengayaan Halaman 74 Penerapan Prinsip Kimia Hijau pada Ekosistem Laut IPA Kelas X Kurikulum Merdeka