BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Jumat 26 Agustus 2022, Ini Wilayah yang Diprediksi Alami Hujan Lebat sampai Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 26 Agustus 2022 | 06:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 26 Agustus 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Jumat 26 Agustus 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Bukan tanpa alasan, pasalnya BMKG beri peringatan cuaca ekstrem karena akan terjadi cuaca ekstrem di seluruh wilayah di Indonesia.

BMKG menjelaskan Bibit Siklon Tropis 98W terpantau di Samudra Pasifik timur laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum mencapai 15 kt. Sedangkan, tekanan udara minimum 1008 mb yang bergerak ke arah barat.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Pasifik timur Filipina. Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Aceh hingga Aceh, di Samudra Hindia barat Bengkulu-Lampung.

Kemudian, di perairan barat Lampung-Sumatera Barat, dari Jambi hingga Selat Malaka bagian selatan, dari Kalimantan Barat hingga Laut Natuna bagian timur, dari Selat Makassar bagian selatan hingga Kalimantan Selatan.

Lalu, dari perairan utara Sulawesi hingga perairan timur Kalimantan Utara, dari Laut Banda timur Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Sedangkan, dari Laut Banda bagian utara hingga Laut Seram bagian barat, di perairan utara Papua-Papua Barat, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

Baca Juga: Gempa Susulan Sudah 5 Kali Terjadi di Bengkulu, Begini Penjelasan BMKG