Tolong Berlindung! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Jumat 9 September 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, Mulai Aceh hingga Papua Barat Diguyur Hujan Lebat sampai Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 8 September 2022 | 18:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Jumat 9 September 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merupakan salah satu badan yang bertugas memantau ada cuaca ekstrem di Indonesia.

Benar saja, pada Jumat 9 September 2022, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem di Indonesia.

Bukan tanpa alasan, BMKG memberikan peringatan adanya cuaca ekstrem agar masyarakat bisa waspda dan lebih berjaga-jaga.

Sebagai informasi, Indonesia sendiri memiliki 2 musim, hujan dan kemarau. Dan sekarang pada bulan September sebagian wilayah di Indonesia sudah memasuki musim hujan.

Artinya, banyak wilayah yang sekarang diguyur hujan.

Moms tentu wajib berjaga-jaga karena jika tidak Moms bisa saja mengalami kehujanan saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

Dengan adanya peringatan cuaca ekstrem dari BMKG, Moms harusnya bersyukur karena bisa tahu cuaca ekstrem apa yang akan melanda Indonesia.

Bukan tanpa alasan BMKG memberikan prediksi cuaca ekstrem. Ada beberapa faktor ilmiah yang membuat Indonesia mengalaminya.

BMKG menjelaskan, Sirkulasi Siklonik terpantau di Selat Karimata bagian selatan yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Kalimantan Barat hingga Selat Karimata bagian selatan.

Kemudian dari Selat Makassar bagian tengah hingga Kalimantan Tengah bagian selatan.

Lalu dari Selat Makassar bagian selatan hingga Kalimantan Selatan, dan dari Laut Jawa bagian tengah hingga Selat Karimata.

Baca Juga: Perkiraan Cuaca Pada Kamis 8 September 2022, BMKG Peringatkan Sederet Wilayah di Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem, Mana Saja?