Sedang Tidak Baik untuk Perjalanan, BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Selasa 13 September 2022, Ada 4 Wilayah yang Masuk Zona Waspada

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 12 September 2022 | 19:30 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 13 September 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem. Sudah masuk bulan September, Indonesia masih dilanda cuaca ekstrem.

Pasalnya, memang Indonesia seharusnya harus memasuki musim hujan, jadi tak heran kalau cuaca mulai berbeda sekarang. Dan benar saja, sudah mulai turun hujan dimana-mana.

Hampir semua wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang bisa membahayakan kehidupan manusia tersebut.

Untuk menghindari hal yang menakutkan, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 13 September 2022.

Bukan tanpa alasan, BMKG menemukan beberapa fakta ilmiah yang membuat Indonesia mengalami cuaca ekstrem seperti sekarang ini.

BMKG menjelaskan, Sirkulasi Siklonik terpantau di sekitar wilayah Vietnam bagian selatan dan di Samudra Hindia barat daya Banten yang membentuk daerah pertemuan.

Kemudian, perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Kamboja hingga Teluk Thailand dan di Samudra Hindia barat-barat daya Banten.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan selatan Jawa Barat hingga Samudra Hindia barat daya Banten, dari perairan barat Sumatera Utara hingga Riau.

Dari perairan utara P. Bangka hingga Selat Karimata, di Kalimantan Barat, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur bagian barat. Kemudian, dari Laut Banda timur Sulawesi Tenggara hingga Selat Makassar bagian utara.

Selanjutnya, dari perairan selatan P. Seram hingga Laut Seram bagian barat, dari Laut Maluku bagian selatan hingga Laut Sulawesi bagian timur.

Lalu, dari Papua Barat hingga perairan utara Papua Barat, dari Papua bagian utara hingga perairan utara Papua, dari Papua bagian tengah hingga Teluk Cendrawasih.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan pada Sabtu 10 September2022 Sebagian Wilayah di Indonesia Bakal Mengalami Cuaca Ekstrem, Daerah Ini Bersiaplah!