Jijik Banget Ada Noda Coklat di Plafon! Segera Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring hingga Pasta Gigi, Dijamin Langsung Hilang Sempurna Nodanya

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 16 September 2022 | 15:30 WIB
Cara menghilangkan noda coklat pada plafon (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Moms tentu ingin rumah terlihat bersih kan, makanya tidak boleh ada satu noda pun menempel dimana-mana, salah satunya di plafon.

Padahal banyak kejadian noda coklat pada plafon, hal ini karena plaon adalah salah satu bagian rumah yang langsung menampung panas dan hujan.

Pergantian musim inilah yang membuat plafon mudah berubah warna, tiba-tiba ada noda coklat di sana.

Lalu bagaimana cara membersihkan noda coklat plafon?

Salah satunya, menggunakan pembersih catch-all dan pemutih.

Caranya, melarutkan satu cangkir pemutih atau sekitar 236 mililiter dan tiga bagian air.

Namun, jangan mencampur pemutih dengan bahan kimia atau pembersih lainnya karena asap yang dihasilkan bisa sangat berbahaya.

Setelah itu, masukan campuran tersebut ke botol semprot atau oleskan pada spons, lalu seka atau semprot larutan pada area plafon yang terkena noda. Kemudian, pastikan menyeka permukaan dengan air bersih.

Dilansir dari Mental Floss pemutih tidak hanya menghilangkan noda pada plester atau cat, tetapi membunuh jamur dan mempersiapkan permukaan untuk dicat di atas noda.

Setelah mengoleskan pemutih, diamkan selama 24 jam, lalu aplikasikan primer antinoda untuk mencegah noda bawaan keluar dari cat seiring waktu, dan tambahkan warna cat pilihan Moms.

Akan tetapi, sulit menemukan kecocokan warna cat yang tepat.

Baca Juga: Mulai Sekarang Jangan Lagi Mengecat Plafon Rumah yang Berjamur, Ini Kerugian yang Akan Muncul