Rinican Kegiatan yang Dilakukan di Posyandu, Ciptakan Bayi yang Sehat

By Kirana Riyantika, Sabtu, 17 September 2022 | 13:13 WIB
Kegiatan yang dilakukan di Posyandu untuk menciptakan bayi sehat, salah satunya pemantauan tumbuh kembang bayi (Nakita/Kirana)

Nakita.id - Moms mungkin belum paham mengenai apa saja rincian kegiatan yang dilakukan di Posyandu.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan di Posyandu.

Tujuan utama serangkaian kegiatan di Posyandu adalah supaya bayi dan balita sehat.

Tim Nakita telah mewawancarai Anis Purwandari selaku Kader Posyandu Ngudi Waras, Supan, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Anis Purwandari mengungkapkan bahwa untuk menciptakan bayi sehat, kegiatan Posyandu digalakan sejak perempuan menjadi remaja dan calon pengantin atau catin.

Para remaja putri yang sudah menstruasi secara rutin diberikan tablet penambah darah secara cuma-cuma.

"Termasuk pemberian kapsul cantik yaitu tablet penambah darah. Remaja yang sudah menstruasi diberi kapsul cantik sebagai persiapan dini sebelum hamil dan melahirkan supaya tidak kekurangan darah," jelas Anis Purwandari.

"Ini juga sebagai upaya mencegah stunting pada anak yang akan dilahirkan dari remaja putri kelak," sambung Anis Purwandari.

Pencegahan stunting dilakukan sejak masa perencanaan kehamilan.

"Karena pencegahan stunting sekarang tidak dilakukan saat bayi lahir, tapi dari 1.000 hari pertama kehidupan," ungkap Anis.

"1.000 hari pertama kehidupan dimulai dari perencanaan kehamilan, awal kehamilan, hingga 2 tahun setelah anak lahir," sambungnya.

Baca Juga: Simak Kegiatan Posyandu Balita di Posyandu, Wujudkan Balita Sehat