Daftar Kepala Negara yang Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II, Negara Mana Saja yang Tidak Diundang?

By Syifa Amalia, Senin, 19 September 2022 | 17:50 WIB
Daftar kepala negara yang dikonfirmasi hadir dalam pemakaman Ratu Elizabeth II. (YouTube.com/BBC)

Nakita.id – Dalam pemakaman Ratu Elizabeth II yang dilaksanakan pada Senin (19/9/2022) turut mengundang bangsawan dunia, kepala negara, hingga pemimpin negara lainnya.

Sebanyak 2.000 tamu undangan terpilih akan hadir di Westminster Abbey untuk menghadiri langsung pemakaman Ratu Elizabeth II.

Tidak hanya anggota keluarga dan kerabat kerajaan saja, tetapi banyak pemimpin dunia juga terbang ke ibu kota Inggris ini untuk memberikan penghormatan terakhir.

Diperkirakan terdapat sebanyak 500 undangan pemimpin negara untuk memberikan penghormatan terakhir untuk Ratu Elizabeth II.

Inggris telah mengundang kepala negara atau perwakilan di tingkat duta besar dari negara mana pun yang memiliki hubungan diplomatik penuh.

Adapun negara yang tidak diundang dalam pemakaman antara lain Rusia, Belarus, Myanmar, Suriah, Venezuela, dan Afghanistan.

Dilansir dari Hindustan Times, meskipun Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat atas kenaikan takhta Raja Charles III, hubungan antara Inggris dan Rusia telah runtuh sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Belarusia juga tidak diundang ke pemakaman kenegaraan. Presiden Belarus Alexander Lukashenko dianggap sebagai sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.

Myanmar juga tidak diundang, menyusul kudeta di negara itu tahun lalu.

Sementara, negara Suriah, Venezuela dan Afghanistan belum diundang karena London tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara-negara tersebut.

Korea Utara dan Nikaragua telah diundang namun hanya di tingkat duta besar saja.

Baca Juga: Archie dan Lilibet Datang ke Inggris Saat Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II Hari Ini, Anak-anak Pangeran Harry Diduga Datang ke Tanah Kelahiran Suami Meghan Markle Bukan untuk Sang Nenek Buyut, Kenapa?