5 Masalah Kesehatan Yang Menyebabkan Sulit Hamil

By Gisela Niken, Rabu, 6 April 2016 | 00:35 WIB
5 Masalah Kesehatan Yang Menyebabkan Sulit Hamil (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Hasil negatif selalu Mama dapatkan saat melakukan tes kehamilan. Mungkin Mama masih belum mengetahui mengapa hal tersebut terjadi. Bisa jadi penyebab wanita tidak subur salah satunya ialah datang dari masalah kesehahtan. Untuk itu, Mama perlu mengetahui apa yang terjadi pada tubuh Mama agar tepat mengetahui cara mengatasinya.Baca juga: 10 fakta seputar kesuburan dan ovulasi

1.Menopause diniMenopause dini biasanya terjadi sebelum wanita berusia 40 tahun. Penyebabnya bisa saja terjadi karena faktor genetik. Gejala menopause dini antara lain tidak memiliki menstruasi yang teratur, vagina yang kering serta menjadi mudah tersinggung. Pada saat ini ovarium berhenti berfungsi normal sehingga peluang untuk hamil sangat berkurang. Menurut Dr. Alice Domar, Ph.D., mengatakan masih ada kemungkinan terjadinya kehamilan dalam masa ini.

2.EndometriosisKondisi ini terjadi di mana ada jaringan yang melapisi bagian dalam rahim yang menghambat pembuahan, produksi sel telur dan pertemuan antara sel telur dan sperma. Jaringan ini menyebabkan peradangan pada rahim dan biasanya diikuti dengan nyeri dan pendarahan. Untuk mengatasinya, endometriosis harus melalui proses operasi untuk mengangkat jaringan yang membuat wanita tidak subur tersebut.Baca juga: Tidak subur karena merokok?

3.Polycystic Ovary Sindrome (PCOS)Sindrom ini disebabkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan berkurangnya kemampuan memproduksi sel telur. Beberapa penelitian menunjukkan seseorang yang mengalami PCOS dapat mengalami kehamilan dengan cara mengubah gaya hidup. Wanita harus melakukan penurunan berat badan, olahraga serta diet karbohidrat. Mama bisa berkonsultasi pada dokter untuk menentukan gizi yang tepat dan seimbang untuk meningkatkan kesuburan.

4.Kerusakan tuba fallopiTuba fallopi merupakan salah satu bagian dari rahim yang berfungsi menghubungkan antara indung telur dengan rahim. Menurut laporan dari Advanced Fertillity Center of Chicago, sebanyak 20% hingga 25% kasus wanita tidak subur di Amerika disebabkan oleh kerusakan tuba fallopi. Tindakan operasi dapat dilakukan untuk menyelesaikan hal ini. Namun, jika kerusakan sudah parah, salah satu tindakan yang disarankan oleh dokter ialah  program bayi tabung.Baca juga: 10 kelirumologi penyebab sulit hamil

5.Produksi sel telur yang rendahHal ini menyebabkan cadangan sel telur dalam rahim menjadi rendah. Hal ini juga dikaitkan dengan produksi sel telur yang rendah serta jumlah sel telur yang juga rendah. Rendahnya produksi sel telur sangat berhubungan dengan tingkat kehamilan. Penyebab wanita tidak subur ini perlu melalui serangkaian tes hormon untuk menentukan langkah yang tepat untuk mengatasinya. (Niken/Parents)