Tolong Berlindung! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Pada Kamis 29 September 2022, Sederet Wilayah Ini Diprediksi Alami Hujan Lebat hingga Angin Kencang

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 28 September 2022 | 18:30 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Kamis 29 September 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Kamis 29 September 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

Menyimak laporan cuaca dari BMKG memang sangat penting, karena saat ini cuaca di Indonesia tidak menentu. Seperti sekarang, Indonesia yang seharusnya memasuki musim kemarau malah terkadang hujan.

Sebagai informasi sejak awal tahun 2022 lalu, Indonesia sering dilanda cuaca ekstrem. Bahkan, gara-gara hal tersebut, banyak wilayah yang mengalami kerugian besar.

Maka dari itu, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Dengan mengetahui cuaca yang akan terjadi pula, Moms dan Dads bisa bersiap-siap untuk menghadapinya.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Siklon Tropis Noru berada di daratan Thailand dengan kecepatan angin maksimum mencapai 75 knot dan tekanan udara minimum 1000 hPa yang bergerak ke arah barat.

Sistem ini menginduksi low level jet hingga lebih dari 25 knot yang memanjang dari Laut Andaman hingga Laut China Selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet tersebut.

Sementara, Sirkulasi Siklonik berada di Perairan Barat Sumatera Utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Aceh hingga Sumatera Utara.

Daerah konvergensi lainnya juga memanjang dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: Selamatkan Nyawa Kalian! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Rabu 28 September 2022, Mana Saja?