Tolong Berlindung! BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Minggu 2 Oktober 2022, Wilayah Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 2 Oktober 2022 | 11:43 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 2 Oktober 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Perhatian, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 2 Oktober 2022.

Mengutip dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), siklon tropis terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Sumatera Barat hingga Samudra Hindia barat Bengkulu dan di Samudra Hindia barat Banten-Bengkulu.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Selat Malaka bagian selatan hingga perairan barat Sumatera Barat, dari Jambi hingga perairan barat Bengkulu.

Selain itu dari Laut Natuna hingga Kep. Bangka Belitung, dari Laut Jawa hingga perairan selatan Lampung, dari Kalimantan Barat hingga Selat Karimata, juga terpantau terjadi konvergensi memanjang.

Kalimantan Tengah hingga Laut Jawa bagian barat, dari Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Banten, dari Bali hingga perairan utara Jawa Tengah, dari Laut Sulawesi hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Kalimantan Selatan, dan dari Papua bagian selatan hingga Laut Arafuru timur Kep. Aru juga terjadi kemungkinan pertemuan dan perlambatan kecepatan angin.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Karena dari prediksi cuaca tersebut, BMKG menemukan akan ada 31 wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang. Beberapa wilayah tersebut di antaranya Sumatera Utara, Banten, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo dan Papua.

Selanjutnya ada 3 (tiga) wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang. Tiga wilayah tersebut yakni Aceh, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Tenggara.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

Baca Juga: Seluruh Indonesia Harus Waspada! BMKG Mendadak Beri Peringatan pada Sabtu 1 Oktober 2022 Akan Terjadi Cuaca Ekstrem, dari Aceh sampai Papua Barat Diguyur Hujan Lebat dengan Petir hingga Angin Kencang