Mengenal Penyakit Kulit Keratosis Pilaris yang Sering Disebut Kulit Ayam, Berikut Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 3 Oktober 2022 | 12:42 WIB
Penjelasan lengkap mengenai penyakit kulit keratosis pilaris atau biasa disebut dengan penyakit kulit ayam (Nakita.id/Naura)

Nakita.id - Apakah Moms dan Dads pernah mendengar penyakit kulit bernama keratosis pilaris? Biasanya penyakit ini sering disebut dengan penyakit kulit ayam.

Mau tahu penjelasan singkap mengenai penyakit kulit keratosis pilaris sampai disebut dengan kulit ayam? Moms bisa simak penjelasannya di sini.

Moms juga bisa tahu gejala, penyebab, hingga cara mengobati penyakit kulit keratosis pilaris ini.

Penyakit Kulit Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris merupakan penyakit kulit yang menyerang beberapa bagian tubuh Moms dan Dads.

Penyakit kulit ini menunjukan kelainan kulit yang sering terjadi di mana terdapat benjolan-benjolan yang terasa kasar berukuran besar pada kulit.

Benjolan-benjolan kecil ini sebenarnya sel kulit mati yang menyumbat folikel rambut.

Benjolan-benjolan tersebut kadang muncul dengan warna merah atau cokelat. Keratosis pilaris sering ditemukan di bagian lengan atas, tungkai atas, pipi atau bokong.

Penyakit kulit ini memiliki nama lain yaitu penyakit kulit ayam. Bukan apa, pasalnya kasarnya kulit mirip seperti kulit ayam yang dijual di pasar.

Tapi tenang ya Moms karena penyakit ini tidak akan menular. Bahkan orang yang menderita keratosis pilaris juga tidak akan merasakan apapun, karena benjolan yang muncul tidak akan menyebabkan gatal atau rasa tidak nyaman.

Namun perlu diingat kalau penyakit kulit ini bisa memburuk saat Moms menjalani masa kehamilan.

Saat musim hujan juga penyakit kulit ayam akan semakin parah karena kulit akan semakin kering.

Baca Juga: Penyakit Kulit Kepala yang Sering Dialami, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya