BMKG Minta Semua Orang Selamatkan Nyawa Sekarang Juga! Mulai dari Aceh hingga Papua Barat Diprediksi Alami Cuaca Ekstrem pada Kamis 6 Oktober 2022

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 6 Oktober 2022 | 06:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Kamis 6 Oktober 2022 (Dok. Nakita/David)

Nakita.id - Akhir-akhir ini, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem.

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG, karena diprediksi Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem.

Selain itu, sekarang sudah masuk bulan Oktober dimana memang Indonesia seharusnya harus memasuki musim hujan, dan benar saja, sudah mulai turun hujan dimana-mana.

Hampir semua wilayah Indonesia mengalami cuaca ekstrem yang bisa membahayakan.

Moms dan Dads yang tidak ingin terkena dampaknya, maka harus menghindarinya.

Untuk menghindari hal yang menakutkan, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Rabu 6 Oktober 2022.

Bukan tanpa alasan, BMKG mengeluarkan peringatan tersebut karena sudah riset dan melakukan penelitian sebelumnya.

Melansir dari BMKG, sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Natuna yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Riau hingga Kep. Riau, dan di Laut Natuna bagian utara.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang dari Aceh hingga Sumatera Utara, dari Sumatera Barat hingga Jambi, dari Lampung hingga Sumatera Selatan, di Bangka Belitung, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat, Maluku Utara dan Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah mana saja yang mengalami cuaca ekstrem seperti hujan lebat hingga angin kencang?

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Rabu 5 Oktober 2022, Angin Kencang hingga Hujan Lebat Bakal Melanda Indonesia, Salah Satunya Jawa Timur!