Bahaya Tidur dengan Make Up Terhadap Kesehatan Mata

By Gisela Niken, Kamis, 31 Maret 2016 | 00:10 WIB
Bahaya Tidur dengan Make Up Terhadap Kesehatan Mata (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Malas membersihkan make up merupakan salah satu kebiasaan yang mungkin Mama sering lakukan. Ternyata, ada bahaya tidur dengan make up lo. Tidur dengan make up ternyata berbahaya bagi mata lo, Mam. Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkapkan sebanyak 78% wanita yang mengalami gangguan mata memiliki kebiasaan tidak menghapus make up mereka saat tidur.Baca juga: Kosmetik aman untuk ibu hamil

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan penyebab penyakit mata yang diderita termasuk meneliti hubungan antara make up dan gangguan mata. . Para peneliti yang berasal dari Optegra Eye Health Care melakukan survei terhadap 2.143 orang dewasa. Dari mereka yang disurvei terdapat 1.069 laki-laki dan 1.074 perempuan. Sebanyak 67% orang mengaku mengalami gangguan mata. Penelitian ini juga menemukan bahwa 72% orang jarang peduli terhadap kesehatan matanya.

Para koresponden perempuan dalam survei ini membuktikan bahwa sebanyak 78% dari mereka jarang menghapus make up sebelum tidur. Sebanyak 67% di antaranya mengaku lupa dan malas membersihkan make up ketika sebelum tidur. Sisanya mengaku tidak menghapus make up dengan sengaja karena untuk menarik perhatian pasangan saat tidur.

Para peneliti mengungkapkan kebiasaan ini sangat buruk bagi kesehatan mata. Mama perlu mengingat bahwa make up terbuat dari bahan kimia. Penggunaan make up selama seharian juga membuat make up terpapar dengan debu dan kotoran. Hal ini membuat kotoran dan bahan kimia mudah masuk ke dalam mata. Selain itu, kulit wajah juga menjadi iritasi, kering dan mudah berkerut.Baca juga: Ini make up yang cocok untuk Mama baru 

Dalam surveinya, para peneliti juga menemukan bahwa banyak orang yang memakai lensa kontak. Mereka yang memakai lensa kontak pun jarang memedulikan perawatan mata. Hal tersebut membuat mata cenderung sering mengalami iritasi. Bahkan sebanyak 80% orang mengaku bahwa jarang melepaskan lensa kontak dengan alasan lupa dan sudah terlalu mengantuk.

Bahaya tidur dengan make up membuat Mama harus berpikir ulang ketika malas membersihkan make up. Menjaga kesehatan mata menjadi hal perlu diperhatikan karena organ tubuh ini justru menjadi bagian yang mudah iritasi. (Niken/Female First)