Kunci Jawaban Soal Uji Pemahaman Menumbuhkan Sikap Hormat Tradisi Halaman 140 PKN Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Hanifa Qurrota A'yun, Senin, 10 Oktober 2022 | 13:43 WIB
Kunci jawaban uji pemahaman halaman 140 PKN kelas X SMA Kurikulum Merdeka (Pixabay.com)

Nakita.id - Inilah kunci jawaban soal uji pemahaman menumbuhkan sikap hormat tradisi PKN halaman 140 kelas X SMA Kurikulum Merdeka.

Dalam bab ini, siswa akan diminta menyebutkan soal pemahamanmu tentang sikap hormat tradisi. Siswa juga akan diminta memberikan contoh-contoh nyatanya dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui artikel ini, siswa akan melihat kunci jawaban soal yang diujikan.

Namun, harus diingat jika artikel ini hanya memberikan gambaran jawaban yang memudahkan belajar bukan jawaban mutlak. Jadi, siswa harus tetap mencari referensi lain.

Kunci jawaban soal uji pemahaman menumbuhkan sikap hormat tradisi PKN

6. Uji Pemahaman

Untuk mengetahui sejauh mana pemahamanmu terhadap unit ini, jawablah pertanyaanberikut ini:a. Bagaimana cara menumbuhkan sikap hormat terhadap tradisi atau budaya masyarakat di Indonesia?Jawaban:Cara menumbuhkan sikap hormat terhadap tradisi dan budaya masyarakat di Indonesia, yaitu:

- Menanamkan kesadaran tentang kebhinnekaan- Mengelola keragaman menjadi kekuatan untuk saling mendukung

Baca Juga: Kunci Jawaban Lengkap Lembar Aktivitas 4 Halaman 168-169 di Kurikulum Merdeka IPS Kelas X, Wawancara Tentang Kegiatan Ekonomi

- Menghargai perbedaan keragaman yang ada- Mau membuka diri untuk mengenal budaya satu dengan yang lain.b. Indonesia adalah negara dengan keragaman karakter dan sifat yang ada padamasing-masing masyarakatnya.Apa yang kamu lakukan jika kamu menemukan masyarakat yang memiliki pandangan atau sikap yang tidak sama dengan adat atau tradisimu?

Jawaban:Indonesia adalah negara dengan keragaman karakter dan sifat yang ada padamasing-masing masyarakatnya.

Oleh karena itu, jika saya menemukan masyarakat yang memiliki pandangan atau sikap yang tidak sama dengan adat atau tradisimu saya terlebih dahulu secara personal akan mengingatkan secara baik-baik.

Saya tidak akan menegur di hadapan umum.Kemudian memberitau kesalahan yang dilakukannya serta mencontohkan hal yang sebaiknya dilakukan oleh masyarakat tersebut.