Tak Hanya Ngartis, Ini Bisnis Sampingan yang Bikin Artis Kaya

By Dini, Rabu, 30 Agustus 2017 | 08:15 WIB
Tak hanya artis, ini bisnis sampingan para selebriti (Saeful Imam)

Tabloid-Nakita.com - Tahukah Mama bahwa kebanyakan artis terkaya di Indonesia tak hanya mengandalkan "keartisan" mereka untuk menambah pundi-pundinya? Tak hanya "ngartis", mereka berekspansi ke dunia bisnis pula. Memang nama mereka turut memengaruhi kepopuleran bisnis yang mulai digeluti – tetapi jenis bisnis yang mereka tekuni pun menentukan!

Yuk, mari lihat bisnis sampingan apa saja yang dikerjakan oleh para artis. Mulai dari bisnis kuliner, fashion, dan bahkan berinvestasi serta bisnis-bisnis unik lainnya yang bisa saja jadi inspirasi Mama untuk membuka usaha. Penasaran kan, apa saja bisnis sampingan artis yang sukses meraup keuntungan?

Bisnis Sampingan Artis

1. Titi Kamal Artis kenamaan yang sudah lama malang-melintang di industri hiburan Indonesia, Titi Kamal, ternyata tak hanya mengandalkan honornya sebagai aktris. Titi dikenal pula sebagai salah satu artis yang sukses berbisnis. Bermula sebagai investor dalam usaha patungan di bidang kuliner bernama Sushi Miya8i, Titi pun meniti bisnis sampingan artis sendiri.

Sushi Miya8i sendiri merupakan usaha patungan oleh Titi Kamal, Christian Sugiono, Dude Herlino, Teuku Wisnu, Thomas Nawilis, dan Adi Nugroho. Restoran ini cukup digemari masyarakat, apalagi harganya terjangkau. Tak lama kemudian, istri Christian Sugiono tersebut memulai usaha catering dengan nama Titi Katering. Selain itu, usaha kuliner lainnya pun diluncurkan, yakni iga penyet serta rumah makan khas Sunda. Wah, keren, ya! Titi berujar bahwa dia memang doyan makan.

2. Daniel Mananta Apa yang Mama ingat kalau mendengar nama Daniel Mananta? Seorang VJ? Pendiri Damn! I Love Indonesia? Bisa jadi keduanya. Clothing line bertema nasionalisme yang dirilis oleh Daniel ini berubah menjadi salah satu "ikon" Indonesia. Bisa dibilang bahwa Daniel sukses menjadi salah satu pelopor bisnis bertema nasionalisme.

Damn! I Love Indonesia diklaim diawali dengan modal tak lebih dari Rp 80 juta, bahkan di bawah angka itu. Daniel sendiri mengatakan bahwa dia tak berekspektasi muluk-muluk ingin menjadi salah satu artis Indonesia terkaya lewat bisnis tersebut. Namun, kenyataan berpihak pada Daniel. Damn! I Love Indonesia dapat dikategorikan salah satu merek paling diingat oleh masyarakat Indonesia, dan bahkan turis mancanegara. Sekarang, Daniel sedang memulai lini lainnya yakni “Patriot is Me”. Sukses, Daniel!

3. Raffi Ahmad Raffi Ahmad digadang-gadang sebagai artis terkaya di Indonesia saat ini. Mungkin Mama salah satu yang menyaksikan kemegahan pernikahan artis kelahiran 1987 ini dengan aktris Nagita Slavina, yang konon menghabiskan nominal miliaran rupiah. Raffi juga pernah "memamerkan" mobil mewah serta motor klasik yang dia miliki. Beberapa di antaranya adalah Lamborghini Aventador warna putih senilai Rp 12,4 miliar, Chevrolet Camaro “Bumblebee” yang dibanderol Rp 1,9 miliar, serta Hummer H3. Tak hanya itu, koleksi Raffi juga termasuk Alphard dan Toyota Fortuner.

Selain mobil, Raffi juga "menunggangi" motor mahal seperti Ducati, Victory Vision Tour, dan lainnya. Apartemen yang dimilikinya juga tersebar di beberapa tempat. Rumah yang ditinggali oleh Raffi dan isteri pun bernilai miliaran. Mewah, ya!

Namun, jangan salah sangka dulu. Raffi tak hanya aktif di layar kaca, layar lebar, dan juga acara offline, melainkan punya bisnis sampingan artis yang beragam pula. Bisnis tersebut mencakup kuliner hingga fashion. Sarung Rahmad dan RA Jeans adalah bisnis busana yang ditekuni oleh Raffi dan isteri. Kemudian, ada pula Nasi Lidah RaDen yang diluncurkan Agustus 2015 lalu, serta Bakmi RN yang merupakan akronim dari “Raja Nikmat”.

Raffi berujar bahwa dia ingin capek sekarang sehingga nanti di usia 30-an dapat lebih santai. Ya, artis yang masih tergolong muda ini memang patut diacungi jempol oleh karena segala jerih upayanya meraih sukses materi.

Sebenarnya tak hanya Titi, Daniel, ataupun Raffi saja yang sukses dengan bisnis sampingan artis. Tak sedikit artis-artis kenamaan bahkan yang tak terlalu populer mengandalkan dunia bisnis sebagai penyokong finansial mereka. Bahkan mereka yang populer sekalipun menganggap bahwa keartisan tak selamanya menghasilkan pundi-pundi uang untuk masa depan mereka. Jadi, mereka memilih untuk mencari peluang di luar profesi utama mereka tersebut. Bisnis sampingan artis jadi salah satu opsi paling menarik!