Ingin Perut Langsing tanpa Diet dan Olahraga?

By Dini, Rabu, 30 Maret 2016 | 22:30 WIB
Ingin Perut Langsing tanpa Diet dan Olahraga? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Untuk punya tubuh langsing dan kencang seperti Jessica Alba, kita memang perlu mengombinasikan diet dan olahraga. Diet, dalam arti menerapkan pola makan dengan gizi seimbang. Olahraga, untuk membakar lemak seluruh badan dan terutama di sekitar perut.

Namun, memang, tak semua orang punya banyak waktu untuk melakukan semua hal itu. Jika Mama ingin perut langsing tanpa diet dan olahraga, begini caranya:

Banyak minum air putih"Dehidrasi membuat tubuh menimbun air," kata pelatih acara The Biggest Loser, Kim Lyons. Hal itu membuat Mama menjadi gemuk air, karena Mama membawa kelebihan berat badan di sekitar perut. Mulailah dengan memenuhi syarat minum air 8 gelas sehari.

Baca: 4 Jenis Air Minum Selain "Air Putih"

Rutin BABBanyak orang yang tidak rutin BAB karena kurang serat, atau kerap menahan BAB karena kesibukan beraktivitas. Padahal jika dorongan untuk BAB diabaikan, lama-lama dorongan itu jadi menghilang. "Anda harus benar-benar meluangkan waktu setiap hari untuk BAB," ungkap Judith Reichman, MD, profesor kandungan dan kebidanan di University of California, Los Angeles. Resiko bila menahan BAB, perut jadi kembung, dan Mama menyimpan bakteri di perut.

Baca: Bahaya Menahan Pup Terlalu Lama

Makan pelan-pelanMakan terburu-buru ternyata jadi salah satu penyebab perut buncit. Sebab, ketika makan cepat-cepat, Mama bisa menelan udara lebih banyak, yang bikin perut kembung. Usahakan mengunyah makanan sedikitnya 10 kali sebelum menelannya. "Tubuh harus bekerja lebih keras untuk memecah makanan di dalam perut dan usus, yang bisa memicu kembung dan gangguan pencernaan," kata Dr. Reichman. Konsumsi probiotikProbiotik adalah bakteri baik yang membantu sistem pencernaan memecah makanan, mencegah masalah pencernaan yang menghambat usaha memiliki perut langsing, demikian menurut ahli nutrisi Jonny Bowden, PhD, yang juga penulis buku The Most Effective Natural Cures on Earth. Ia menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya probiotik setiap hari, seperti yogurt, acar, keju, miso, juga tahu. Atau, konsumsi saja suplemen probiotik sebanyak 50 mg sehari.

Baca: Wow... Ternyata Probiotik Bikin Tubuh Langsing!

Jalan kakiIngin perut langsing tanpa olahraga berat? Coba saja jalan kaki santai 30 menit setiap hari, kata Lyons. Dorongan metabolisme akan membantu Mama membakar lemak perut lebih efisien. Jika Mama ingin lebih tantangan yang lebih berat, jalan cepat juga boleh. Karena, jalan cepat lebih efektif membakar lemak. Dibandingkan berlari, saat jalan cepat nafas juga lebih teratur.

Tegakkan tubuh, kempiskan perutTegakkan tubuh, maka postur tubuh Mama akan lebih baik, begitu saran Lyons. Tidak perlu sampai melengkungkan punggung seperti balerina, cukup berdiri dengan punggung lurus saja. "Ketika postur tubuh Anda bagus, secara otomatis Anda menyatukan dan mengencangkan otot-otot perut," katanya. Kalau Mama perlu mengingatkan diri untuk selalu berdiri tegak, taruh saja pesan Post-it di berbagai tempat yang strategis.

Baca: Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Itulah berbagai cara agar perut langsing tanpa diet dan olahraga berat. Mudah saja, kan?

(Dini/Good Housekeeping)