Stres Menjadi Ibu? Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini

By Gisela Niken, Rabu, 30 Maret 2016 | 01:10 WIB
Stres Menjadi Ibu? Lakukan 5 Langkah Sederhana Ini (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Anak yang tidak bisa diatur dan senang melawan hingga rumah berantakan menjadi hal pemicu stres. Saat menjadi ibu, tentu stres merupakan hal yang normal terjadi. Begitu banyak hal yang perlu Mama perhatikan membuat pikiran Mama bercabang dan menjadi stres. Namun, harus ada langkah cepat untuk mengatasi stres pada ibu sebab ada keluarga yang sangat butuh peran Mama.

1.Tidak melakukan semua kegiatanKetika menjadi ibu, Mama pasti menjadi sosok yang serba bisa. Bisa memasak, bisa menjadi guru bagi si kecil hingga menjadi ahli bersih-bersih yang andal. Namun, Mama tak selamanya melakukan hal ini. Cobalah meminta bantuan orang-orang sekitar untuk menangani keperluan keluarga. Sesekali mengambil waktu beristirahat sangat berguna agar Mama tidak stres berkepanjangan.Baca juga: Ini gejala stres pada ibu hamil 

2.Melakukan kegiatan menenangkanCobalah untuk melakukan yoga atau terapi yang membuat hati dan pikiran jadi jauh lebih tenang. Tak perlu mengeluarkan biaya mahal, Mama bisa membeli DVD atau mencari tayangan tutorial Yoga. Mama juga bisa mengambil waktu sejenak untuk menenangkan diri sesuai dengan apa yang Mama biasa lakukan. Tak perlu menggunakan waktu yang banyak dan biaya mahal.

3.Matikan gadgetCara ini sangat tepat bagi Mama yang juga bekerja. Menghentikan sejenak mengurus pekerjaan di rumah membuat Mama jauh lebih fokus untuk mengurus kebutuhan di rumah. Terlalu banyak mengurus pekerjaan juga menyebabkan Mama kurang tidur. Kurang tidur sangat rentan menimbulkan stres.

4.Jangan terlalu berekspektasi tinggiMama juga hanyalah manusia yang tidak sempurna. Menjadi wajar ketika Mama melakukan kesalahan ketika mengasuh anak atau mengurus kebutuhan rumah. Fokus pada kesalahan membuat Mama jadi jauh lebih stres. Untuk itu, Mama hanya perlu sedikit realistis dan tidak menganggap bahwa seluruh kesalahan merupakan kesalahan Mama.Baca juga: Ternyata ini 7 kesalahan ibu baru 

5.OlahragaOlahraga ringan dapat melupakan sejenak masalah di rumah. Olahraga juga membuat otak dan badan jadi lebih segar. Hal ini akan mengurangi stres dan membuat Mama jadi lebih bersemangat ketika kembali melakukan tugas sebagai ibu. Mama bisa melakukan olahraga sederhana seperti berlari dan berenang untuk mengatasi stres pada ibu(Niken/Pop Sugar)