BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem Pada Selasa 18 Oktober 2022, Siap-siap Hadapi Hujan Lebat hingga Angin Kencang Wilayah Berikut Ini

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 17 Oktober 2022 | 14:28 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Selasa 18 Oktober 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Simak prediksi cuaca untuk Selasa 18 Oktober 2022 dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebelum pergi meninggalkan rumah, sebaiknya Moms menyimak laporan cuaca dari BMKG.

Pasalnya BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi cuaca ekstrem besok.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Sumatera, di Selat Makassar, di Perairan Kalimantan Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan Perairan Utara Jawa Barat hingga Lampung.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Aceh hingga Sumatera Utara, di Bali hingga Jawa Timur, di Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara, di NTB hingga Bali, di Papua, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Laut Natuna, Laut Cina Selatan dan Filipna.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Diperkirakan, 29 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat yang dapat disertai angin kencang. Mulai dari Lampung, Jawa hingga Bali.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

• Aceh

Baca Juga: Prediksi Cuaca Ekstrem untuk Sabtu 15 Oktober 2022, BMKG Minta Warga Waspada Hadapi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Berikut