Mau Mengurangi Nasi? Buat Saja Nasi Kembang Kol

By Dini, Senin, 28 Maret 2016 | 07:15 WIB
Mau Mengurangi Nasi? Buat Saja Nasi Kembang Kol (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Masyarakat urban sedang getol-getolnya menerapkan berbagai metode diet untuk menurunkan berat badan. Salah satunya diet paleo, yang konsepnya adalah mengonsumsi apa saja yang disediakan oleh alam. Diet paleo menyarankan kita untuk mengonsumsi sayuran, buah, umbi-umbian, daging, telur, dan ikan, serta menghindari nasi, gula, garam, dan lemak.

Masalahnya, kebanyakan dari kita merasa "belum makan" kalau tidak makan nasi. Jadi, bagaimana cara mengurangi nasi namun bisa tetap kenyang?

Ternyata, ada cara mengurangi nasi yang mudah dan sehat. Mama bisa mencoba mengolah kembang kol menjadi nasi. Sayuran ini kaya serat namun rendah kalori, rendah kolesterol dan sodium, mengandung vitamin A, B1, B2, B3, dan B6, C, K, folat, magnesium, kalium, fosfor, kalsium, dan mangan. Sehingga, kembang kol cocok untuk Mama yang sedang berusaha menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Memang, warna bunganya yang putih dan citarasanya yang tawar terkesan kurang menarik. Namun begitu Mama mengolahnya di food processor, kembang kol bisa menyerupai nasi putih yang legit. Mama bisa memberikannya bumbu atau rempah-rempah agar rasanya lebih lezat. Atau, tambahkan sayuran dan lauk-pauk seperti biasa saat mengonsumsi nasi putih.

Untuk membuat nasi kembang kol, begini caranya:

1. Panaskan oven pada suhu 200 derajat Celcius, lalu potong kembang kol menjadi dua bagian. 2. Buang bagian tengahnya, lalu pecahkan bunganya menjadi bagian-bagian kecil dengan ukuran sama. 3. Gunakan food processor untuk memecahkan bunganya menjadi butiran seukuran nasi. 4. Panaskah satu sendok makan minyak kelapa di atas penggorengan dengan api sedang. Tambahkan 1/2 siung bawang merah dan dua siung bawang putih yang sudah dirajang. Tumis sampai empuk.5. Masukkan butiran kembang kol, dan bumbui dengan garam. Masak selama sekitar 15 menit. Pastikan seluruh butiran matang merata. 6. Setelah nasi matang, Mama bisa menambahkan bumbu atau bahan-bahan lain sesuai selera.Mama juga bisa membuat nasi goreng dari kembang kol ini. Caranya sama seperti di atas, namun dengan tambahan bumbu-bumbu nasi goreng seperti biasa.Nasi kembang kol ini bisa menjadi cara mengurangi nasi yang mudah, sehat, dan lezat.(Dini/Popsugar/The Kitchn/Tasting Table)