Pukul Berapa Jam Tidur yang Ideal?

By Dini, Rabu, 23 Maret 2016 | 07:50 WIB
Pukul Berapa Jam Tidur yang Ideal? (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Sejak dulu, kita selalu disarankan untuk tidur 8 jam sehari. Namun, tidak semua orang bisa memenuhinya. Kebanyakan orang tidur kurang dari 8 jam, antara 5-7 jam saja setiap hari. Padahal, tidur adalah momen untuk memulihkan fungsi-fungsi tubuh kita. Tidur berkualitas sangat penting agar pemulihan tersebut berjalan maksimal.

Menurut pakar wellness Shawn Stevenson, berapa lama Mama tidur, apa yang Mama lakukan sebelum tidur dan saat bangun tidur, punya pengaruh penting untuk kualitas istirahat Mama. Ia telah memelajari metode optimal untuk memaksimalkan kualitas tidur, dan mengamati bagaimana faktor-faktor lain seperti penataan ruang tidur hingga seberapa banyak Mama minum air sepanjang hari bisa memengaruhi tidur Mama.

Baca: 6 Cara Agar Terbiasa Bangun Pagi

Lalu, pukul berapakah jam tidur yang ideal?

Menurut Stevenson, ada dua hal yang perlu Mama perhatikan. Pertama, tubuh masing-masing orang berbeda, sehingga Mama harus tahu apa yang terbaik bagi tubuh Mama sendiri. Kedua, perlu diingat bahwa kita adalah mahluk biologis yang dipengaruhi perputaran matahari. Jadi bila Mama tidur seiring terbenamnya matahari dan bangun ketika matahari mulai bersinar, Mama bekerja sesuai ritme sirkadian (siklus 24 jam dari proses fisiologis mahluk hidup) alami Mama. 

Maka, semakin dekat Mama mengikuti pola perputaran matahari, energi Mama semakin baik. Oleh karena itu Stevenson mengatakan, pukul 22.00 adalah jam tidur yang ideal. Ia menyarankan untuk tidur pukul 22.00 hingga pukul 06.00. Tak masalah jika Mama bersikap sedikit fleksibel dengan jadwal tersebut, namun sebaiknya tidak terlalu meleset.

Baca: Manfaat Bangun Pagi untuk Anak

Ia juga menyarankan beberapa hal agar bisa tidur lelap:

* Hindari menggunakan perangkat elektronik dua jam sebelum tidur.* Lakukan olahraga pada pagi hari. Latihan crunch untuk melatih otot perut selama 10 menit saat bangun pagi pun sudah cukup.* Perhatikan pola konsumsi Mama pada separuh hari kedua, misalnya: hindari kafein, gula, dan olahan susu.

Baca: Agar Dapat Tidur Lelap Dalam 30 Detik

Jika Mama mengubah kebiasaan tidur menjadi lebih teratur, Mama bisa mulai melihat perubahan dalam kualitas tidur Mama. Jika Mama tidur dengan lebih baik karena memenuhi jam tidur yang ideal ini, energi Mama pun akan semakin baik sepanjang hari.

(TabloidNova.com)